Insight

Untung Rugi Mengikuti Deposito, Kenali Dulu

By September 15, 2021No Comments

Salah satu instrumen investasi yang direkomendasikan untuk Anda dengan profil risiko investasi rendah adalah deposito. Deposito merupakan produk simpanan dengan bunga yang tidak dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Dengan metode yang mudah dan bunga yang Anda dapatkan secara pasif, deposito adalah produk primadona para nasabah.

Sebelum memutuskan untuk mengalokasikan dana Anda ke deposito, pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Hal ini penting supaya Anda memahami risiko dari setiap keputusan yang Anda ambil dan tidak menyesal di kemudian hari.

Terjamin, Aman, Bisa Menjadi Agunan

Kelebihan deposito dibandingkan tabungan biasa adalah bunga yang cenderung lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Selain itu, deposito Anda juga dapat menjadi agunan kredit. 

Dibandingkan dengan instrumen investasi lain yang membutuhkan effort seperti misalnya reksadana atau saham, bagi orang-orang dengan profil risiko investasi rendah, deposito dianggap mudah untuk dipahami.

Bunga Rendah, Lemah Inflasi

Namun, apabila dihitung kembali, bunga deposito ternyata sangat rendah. Untuk bisa mendapatkan income yang lumayan setiap tahunnya dari deposito. Anda harus menyimpan uang dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga dengan jumlah uang yang besar. Apabila jumlah uang tidak terlalu besar, pendapatan Anda pun tidak seberapa. Selain itu, karena masih berbentuk instrumen uang, tabungan deposito juga lemah terhadap inflasi.

Selalu ada kelebihan dan kekurangan dari setiap investasi yang Anda pilih. Apabila Anda memilih deposito, Anda tidak akan mendapatkan imbal hasil yang besar sehingga kurang direkomendasikan sebagai pendapatan tambahan.

Investasi yang direkomendasikan apabila Anda menginginkan potensi imbal hasil yang besar adalah saham. Namun, Anda harus memilih platform yang tepat terlebih dahulu. Xaham.id bisa menjadi platform yang tepat bagi Anda untuk memulai investasi saham secara aman. Telah terdaftar di OJK dengan nomor POJK.57/2020 pembeli, penjual, serta penerbit bisa berinvestasi dengan tenang sesuai dengan hukum yang berlaku.

Lakukan diversifikasi investasi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Mulailah untuk belajar saham dan percayakan xaham.id sebagai platform saham Anda sekarang juga.

Leave a Reply