Tips

3 Contoh Seminar Wajib Hadir untuk Edukasi Investasi

By September 3, 2021No Comments

Di era digital, kita semakin banyak pilihan sumber untuk belajar apa pun. Bila dulu belajar investasi sering dipandang sebagai sesuatu yang serius dan rumit, kini tidak lagi. Banyak cara untuk mendapatkan akses literasi keuangan. Misalnya: melalui buku-buku, menonton film dan berita, ikut kursus pendek, hingga menghadiri seminar.

Nah, untuk yang terakhir, ternyata banyak seminar – maupun webinar – untuk edukasi keuangan. Bila masih bingung mau mulai dari mana, inilah beberapa contoh seminar wajib hadir untuk edukasi investasi:

  1. Webinar atau workshop dari perencana keuangan

Di era pandemi #Covid19 ini, banyak seminar yang berubah fungsi menjadi webinar. Banyak juga perencana keuangan yang berbaik hati membagi ilmu mereka. Ada yang berbayar, ada yang tidak. Apa pun sistemnya, bila sesuai kebutuhan Anda, kenapa tidak coba mengikutinya?

Berbeda dengan seminar biasa, Anda cukup hadir dari kamar, dengan laptop dan koneksi internet yang mendukung. Anda bisa langsung belajar mengenai investasi, mulai dari investasi emas, reksadana, saham, dan masih banyak lagi.

  1. Kursus keuangan di platform digital

Seminar atau webinar dapat menjadi bagian dari kursus keuangan di platform digital. Ada yang gratis, yang biasanya diadakan oleh kampus-kampus dari fakultas ekonomi. Ada juga yang berbayar, yang biasanya diadakan oleh instansi pendidikan khusus atau perusahaan berbasis finansial.

Tidak perlu mengikuti semuanya, kecuali bila memang mau, butuh, dan punya waktu serta biaya. (Terutama yang berbayar.) Tinggal pilih yang sesuai kebutuhan, lalu hadiri dan catat semua yang Anda dengar saat kursus. Selain itu, mengikuti kursus keuangan juga dapat mempertemukan Anda dengan kenalan yang mempunyai minat serupa dalam bidang investasi.

  1. Komunitas investasi

Lingkungan semi formal dan informal juga bisa memberi Anda edukasi investasi. Jika melihat-lihat komunitas investasi, Anda bisa mendapatkan seminar atau webinar gratis. Apalagi, di dalam forum atau grup media sosial komunitas investasi, suasana cenderung lebih santai dan informal. Banyak narasumber sesama anggota yang senang berbagi pengetahuan.

Bahasa yang digunakan juga sederhana, sehingga mudah dicerna. Semoga Anda makin semangat belajar investasi.

Inilah contoh seminar wajib hadir untuk edukasi investasi. Jangan lupa cek Xaham juga. Di bawah peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Xaham akan memberi Anda informasi seputar bisnis keuangan.

Leave a Reply