Tips

4 Jenis Kuesioner Kepuasan Pelanggan yang Bisa Anda Gunakan

By January 3, 2022No Comments

Salah satu cara untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah dengan membuat kuesioner atau angket. Kuesioner kepuasan pelanggan ini sangat penting untuk Anda buat secara rutin. Salah satu alasannya adalah kuesioner merupakan salah satu cara untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan.

Untuk membuat angket kepuasan pelanggan Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja jenisnya. Ada 4 jenis kuesioner kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa, yaitu:

  1. CSAT (Customer Satisfaction Score)

Jenis kuesioner ini berisi pertanyaan yang sederhana dengan jawaban tertutup. Yang dimaksud dengan jawaban tertutup adalah jawaban iya atau tidak, setuju atau tidak, puas atau tidak, dan sejenisnya.

Isi dari pertanyaan kuesioner ini adalah sekitar produk atau jasa, apakah produk sesuai dengan keinginan atau tidak. Hasil dari kuesioner ini cukup efektif untuk mengukur kepuasan pelanggan. Anda bisa melihat berapa persen tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda jual.

  1. NPS (Net Promoter Score)

Kuesioner ini merupakan jenis kuesioner di mana pelanggan akan memberikan nilai dari 0 – 10 dari pertanyaan yang diberikan. Isi kuesioner NPS hampir sama dengan CAST hanya saja jawabannya berupa penilaian angka.

Baca Juga :  6 Cara meningkatkan team building yang Efektif dan Kuat

Jika hasil rata-rata jawaban kuesioner ada di skala 7 – 10 maka pelanggan Anda sudah cukup puas dengan produk Anda.

  1. CES (Customer Efforts Score)

Jenis kuesioner ini merupakan kuesioner untuk menilai customer service atau pelayanan sebuah toko. CES tidak hanya dapat digunakan untuk toko fisik saja, toko online juga banyak menggunakan kuesioner ini untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan dalam kuesioner ini adalah penilaian pada penyelesaian masalah cs toko. Biasanya pertanyaan yang diajukan seputar kualitas pelayanan.

  1. Milestone Survey

Kuesioner ini merupakan kuesioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk yang dipakai dalam jangka waktu tertentu. Biasanya kuesioner ini dikirimkan kepada pelanggan setelah 30 hari menggunakan produk. Anda juga bisa memberikan kuesioner ini setelah selesai bertransaksi.

Baca Juga :  Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Suatu Produk

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan setidaknya Anda membuat salah satu dari kuesioner ini. Anda juga bisa menggunakan semua jenis kuesioner kepuasan pelanggan ini untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda. Sebaiknya kuesioner Anda buat secara berkala dengan jangka waktu yang tetap.

Perlu Anda ingat, kepuasan pelanggan bukanlah satu-satunya cara agar bisnis Anda maju. Anda bisa cek di https://xaham.id/blog/ untuk tahu apa saja yang bisa membuat bisnis Anda maju.

Leave a Reply