Tips

3 Tips Aman Berinvestasi Agar Terhindar Dari Penipuan

By July 21, 2021No Comments

Siapa yang tidak tertarik pada penawaran investasi dengan keuntungan yang besar namun minim resiko? Memang terdengar tidak masuk akal, maka dari itu ada baiknya Anda berhati-hati dengan penipuan yang berkedok investasi atau investasi bodong. Jangan sampai dana yang sudah Anda kumpulkan selama ini hilang begitu saja. Oleh karena itu, berikut ini tips aman berinvestasi agar Anda dapat lebih berhati-hati dalam berinvestasi.

  1. Berhati-hati Bila Mendapatkan Tawarkan Investasi Dengan Keuntungan Yang Tidak Realistis

Sebagai investor, ada baiknya bagi Anda untuk mengenali jenis-jenis penawaran produk investasi. Hal ini termasuk keuntungan atau return yang ditawarkan, apakah realistis atau tidak. 

Sesungguhnya tidak semua penawaran investasi yang menjanjikan keuntungan menarik merupakan penipuan, namun sebaiknya Anda waspada. Terlebih bila modal yang diperlukan tidak terlalu besar, namun dijanjikan keuntungan sangat tinggi dalam waktu yang singkat.

Baca Juga :  Tips Investasi Saham Anti Baper

Sebab seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa produk investasi yang memberikan keuntungan tinggi tentu bersamaan dengan resiko yang tinggi pula. Anda dapat melakukan hitung-hitungan sederhana terlebih dulu untuk memperkirakan apakah penawaran investasi tersebut realistis ataukah tidak.

  1. Cek Perusahaan dan Perizinannya 

Mungkin Anda merasa penawaran produk investasi tersebut realistis dengan keuntungan yang masuk akal pula. Tetapi agar lebih yakin lagi, Anda dapat melakukan penelusuran di Google untuk mengetahui testimonial investor lain yang berinvestasi di perusahaan tersebut. 

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengecek apakah perusahaan investasi yang menjual atau menawarkan produk investasi sudah terdaftar pada situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

  1. Pelajari Terlebih Dahulu Produk Investasi yang Ditawarkan
Baca Juga :  3 Jenis Target Penjualan yang Penting Anda Ketahui

Pada umumnya, perusahaan yang menawarkan produk investasi dapat menjelaskan mekanisme, keuntungan yang diperoleh, hingga resiko dengan jelas dan terperinci. Namun sebaliknya, penipuan yang berkedok investasi tidak memiliki standar tertentu bagaimana mekanisme produk investasi tersebut. 

Hal yang paling dikhawatirkan oleh para investor pemula adalah terjebak dalam investasi bodong. Agar tidak mudah tergiur dengan penawaran tersebut, Anda harus lebih berhati-hati dan lebih waspada akan tawaran investasi dengan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Apabila ingin memulai investasi yang aman, xaham.id adalah jawabannya. Xaham.id merupakan perusahaan finansial teknologi yang menawarkan produk investasi berupa Peer to Peer Lending atau urun dana. Anda tak hanya mendapatkan return, tapi juga dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya agar lebih maju, kuat, dan sehat bersama-sama.

Leave a Reply