Insight

Jenis-Jenis Kebutuhan Pelanggan yang Wajib Diketahui

By December 30, 2021No Comments

Setiap pelaku usaha memiliki kewajiban untuk mengetahui jenis-jenis kebutuhan pelanggan. Karena hal itu dapat membantu menjaring lebih banyak customer dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Namun sayangnya, tidak banyak customer yang paham kebutuhan dan keinginan pelanggan. Padahal hal tersebut tidak sulit untuk Anda pahami. Berikut kami akan coba membantu Anda untuk mengetahui berbagai jenis kebutuhan customer.

  • Kebutuhan yang diutarakan oleh customer. Contohnya seperti saat pelanggan yang langsung mengutarakan bahwa dirinya sedang mencari motor yang murah.
  • Kebutuhan rahasia atau secret needs. Tujuannya agar customer ingin dipandang cerdas serta berorientasi pada nilai.
  • Kebutuhan yang tidak customer utarakan. Contohnya seperti saat pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari perusahaan.
  • Kebutuhan delight atau kegembiraan. Contohnya seperti reward atau hadiah setiap mereka melakukan pembelian.
  • Kebutuhan yang nyata. Contohnya customer yang membutuhkan motor dengan biaya operasional yang murah, dibandingkan motor dengan harga yang murah.
Baca Juga :  Investasi Tanpa Modal Wajib Dimulai Sejak Kuliah

Mengenal Kebutuhan Rahasia Customer  

Kebutuhan rahasia merupakan salah satu contoh kebutuhan konsumen. Contoh ini membuktikan bahwa terkadang beberapa pelanggan membeli suatu produk atau menggunakan jasa hanya ingin dipandang cerdas dan berorientasi pada value.

Contoh kebutuhan rahasia atau secret needs konsumen seperti produk branded yang terbukti keasliannya. Hal tersebut akan membuat konsumen paham akan nilai-nilai keaslian suatu produk dan dianggap cerdas dalam memilihnya.

Manfaat Memperhatikan Kebutuhan Pelanggan

Mengenal berbagai kebutuhan pelanggan akan berdampak positif untuk bisnis Anda. Nah, berikut kami jelaskan apa saja manfaat dan dampak positifnya.

  • Menjaring customer baru.
  • Meningkatkan loyalitas customer lama.
  • Meningkatkan keuntungan bisnis.

Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan juga tidak sulit untuk mendapatkan minat dari para pembeli. Karena produk atau jasa yang Anda tawarkan sudah pasti dibutuhkan oleh customer.

Kesimpulan

Mengenal kebutuhan customer sangat penting untuk meningkatkan prospek bisnis Anda. Cara ini bisa menjadi jembatan bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah customer baru maupun meningkatkan loyalitas customer lama.

Baca Juga :  Pakai 7 Cara Meningkatkan Penjualan Pada Sebuah Bisnis, Dijamin Omset Naik

Itulah jenis-jenis kebutuhan pelanggan yang bisa coba Anda aplikasikan. Informasi ini akan membantu Anda untuk mengerti apa yang customer butuhkan. Selain itu, dapatkan juga update newsletter untuk menambah wawasan seputar bisnis di xaham.id.

Leave a Reply