Insight

Mengenal Profil-Profil Risiko Investasi, Anda yang Mana?

By August 31, 2021No Comments

Sebelum berinvestasi, Anda diharapkan untuk mengenali profil risiko investasi Anda. Profil risiko investasi merupakan tingkat toleransi seseorang terhadap risiko pada saat berinvestasi. Profil risiko ini dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari mindset, pekerjaan, pendapatan, usia, dan lain sebagainya.

Apakah Anda sudah mengetahui profil risiko investasi Anda? Jika Anda belum memahaminya, segera cari tahu di sini sebelum memilih investasi yang tepat.

Konservatif

Anda dengan profil risiko investasi konservatif sangat takut dengan risiko. Anda cenderung menyukai sesuatu yang pasti dan tidak terlalu percaya dengan ‘keberuntungan’. Untuk investasi, Anda akan lebih suka jika dapat memperkirakan berapa jumlah yang anda dapatkan dari sebuah investasi.

Jika Anda memiliki profil risiko investasi konservatif, sangat cocok bagi anda untuk memilih instrumen investasi seperti deposito, emas, atau tabungan berjangka.

Moderat

Orang-orang dengan profil risiko investasi moderat lebih berani mengambil risiko daripada mereka yang konservatif. Bamun, mereka tidak berani dengan konsep high risk high return

Mereka juga agak berhati-hati pada saat memilih instrumen untuk investasi. Selain itu, mereka dengan profil moderat juga cenderung tidak berani berinvestasi terlalu banyak pada instrumen-instrumen dengan risiko tinggi. Untuk profil ini, investasi yang cocok adalah investasi reksadana.

Agresif

Anda yang memiliki profil risiko investasi agresif cukup berani mengambil risiko. Bahkan Anda berani untuk menggelontorkan dana pada instrumen yang risikonya tinggi demi mendapatkan hasil yang tinggi.

Sebetulnya, tidak ada salahnya memiliki profil risiko agresif. Ada banyak pemain saham unggul yang memiliki profil risiko ini. Namun anda harus berhati-hati. Jangan sampai teperdaya oleh berbagai instrumen investasi yang merugikan atau mengambil langkah yang salah hanya karena anda ingin terburu-buru mendapatkan timbal balik yang besar.

Apakah Anda telah menemukan jenis profil risiko investasi Anda? Apa pun profil risiko Anda, jika Anda tertarik pada saham, Anda tetap harus memilih platform saham yang tepercaya. Xaham.id dapat menjadi rekan terbaik bagi Anda untuk memulai investasi saham. Telah terdaftar di OJK dengan nomor POJK.57/2020, para pembeli, penerbit, dan penjual tak perlu ragu berinvestasi di xaham.id.

Leave a Reply