Tips

4 Cara Investasi Cerdas agar Untung Besar

By August 30, 2021No Comments

Investasi merupakan hal yang perlu dilakukan sejak usia muda. Namun, saat muda biasanya uang yang dimiliki belum terlalu banyak. Lalu, jenis investasi apa yang sekiranya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar namun bisa menguntungkan? Yuk, simak beberapa jenis investasi berikut ini.

  1. Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi bermodal kecil yang bisa Anda pilih. Ada beragam emas batang fisik yang bisa Anda pilih sebagai instrumen investasi, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, hingga 1 kilogram. Jika Anda menginginkan investasi yang lebih kecil dari 0,5 gram, Anda bisa memilih emas digital yang bisa Anda beli mulai harga Rp10.000,00.

Investasi emas tergolong investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang karena harganya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menyebabkan emas tak pernah kehilangan pesonanya dan dijuluki sebagai “save heaven”.

  1. Reksadana

Investasi reksadana merupakan investasi bermodal kecil yang dapat memberikan imbal jasa bulanan dengan rerata 6 hingga 7% per tahun. Anda dapat mulai berinvestasi di reksadana hanya dengan modal Rp10.000,00 saja, sangat terjangkau kan? Semakin besar uang yang Anda investasikan maka semakin besar pula imbal jasa yang Anda dapatkan.

Dalam investasi reksadana, Anda juga bisa memilih investasi syariah sehingga uang Anda akan digunakan untuk investasi di bidang-bidang yang menganut prinsip syariah dalam pengelolaannya.

  1. Saham

Untuk berinvestasi di saham, ada dua pilihan yaitu sebagai trader atau sebagai investor jangka panjang. Sebagai trader, untuk mendapatkan laba atau keuntungan, Anda harus beli saham di harga rendah dan menjualnya saat harga saham melonjak naik. Namun sebagai investor jangka panjang, Anda hanya perlu membeli saham-saham blue chip lalu menunggu deviden atau bagi hasil dari perusahaan yang dibagikan setiap tahunnya.

  1. Properti

Properti merupakan investasi yang tidak pernah ada matinya. Hampir setiap tahun, harga tanah dan rumah semakin melambung tinggi. Anda dapat menyewakan properti yang Anda miliki untuk mendapatkan passive income.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba investasi bermodal kecil tersebut? Anda bisa mencoba Xaham.id, tempat urun dana berbasis teknologi yang terdaftar legal di OJK.

Leave a Reply