Tips

Tips Memilih Bisnis UMKM yang Layak di Platform Urun Dana

By March 20, 2023March 30th, 2023No Comments
Tips Memilih Bisnis UMKM yang Layak di Platform Urun Dana

Saat ini, bisnis berskala kecil atau UMKM dapat dengan mudah mengembangkan bisnisnya melalui urun dana atau Equity Crowdfunding (ECF). ECF ini, menjadi metode pendanaan bagi UMKM berbasis teknologi informasi.

Dengan kemudahan ini, berbagai sektor UMKM ingin mengajukan pembiayaan di platform ECF. Hal ini menjadi alasan bagi para investor untuk lebih jeli memilih UMKM yang layak untuk didanai.

Tips Memilih UMKM yang Layak di Platform Equity Crowdfunding (ECF)

Mengingat bahwa UMKM masih dalam tahap berkembang, maka ada kemungkinan tumbuh atau jatuh. Karena itulah, sebagai investor, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih bisnis tersebut. Agar terhindar dari risiko, berikut ini adalah tips memilih UMKM yang layak di platform ECF.

Baca Juga :  5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Anda Ketahui

1. Pilihlah UMKM dengan Prospek Laba yang Bagus

Ingat! UMKM tidak berjalan sendiri, tetapi ada Anda sebagai investor yang memberikan dana. Agar tidak mengalami kerugian, pastikan bahwa bisnis tersebut mempunyai prospek laba yang bagus.

Sebagai contoh, UMKM mempunyai omset setiap tahunnya minimal 500 juta dan dapat dibuktikan. Atau, selama menjalankan bisnis sudah mempunyai 3 cabang di seluruh Indonesia.

2. Pilih UMKM dengan Perencanaan Bisnis yang Baik

Investasi urun dana yang Anda lakukan dapat dikatakan berhasil jika memberikan keuntungan sepadan bagi semua pihak. Untuk itulah, pastikan UMKM yang Anda pilih memiliki perencanaan bisnis yang baik.

Tidak hanya itu, bisnis tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bisnis yang layak juga memiliki manfaat dan nilai ekonomis.

Baca Juga :  3 Contoh Seminar Wajib Hadir untuk Edukasi Investasi

3. Pastikan UMKM Memiliki Akuntabilitas yang Sesuai

Jika UMKM tidak memiliki pencatatan keuangan yang rapi dan sesuai, lebih baik Anda tidak memilihnya. Karena ada kemungkinan UMKM tersebut bukanlah bisnis yang layak.

Sebuah UMKM juga harus memahami penyusunan pencatatan keuangan. Setidaknya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

Berinvestasi di urun dana, membutuhkan langkah-langkah strategis untuk mendapatkan profit, Anda bisa menggunakan tips di atas. Adanya platform urun dana, UMKM mendapatkan modal secara efektif dan investor dapat mengalokasikan dananya secara tepat karena mendapatkan bisnis yang layak.

Leave a Reply