Uncategorized

4 Jenis Investasi Jangka Pendek Syariah yang Wajib Diketahui

By March 9, 2023March 28th, 2023No Comments

Anda ingin mulai investasi syariah tanpa perlu menunggu lama untuk mendapatkan imbal hasilnya? Maka investasi jangka pendek syariah adalah pilihan yang tepat. Seperti apa tepatnya investasi ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Investasi Jangka Pendek Syariah

Seperti namanya, investasi ini berlaku dalam jangka waktu yang lebih pendek dibanding investasi jangka menengah maupun panjang. Rata-rata, investasi jangka pendek berlaku dalam kurun waktu 3-12 bulan saja.

Nah, karena ini investasi syariah, maka seluruh proses investasi hadir berdasarkan prinsip serta landasan hukum syariah Islam. Jadi, Anda akan terhindar dari segala riba, gharar, maupun maysir.

Tujuan investasi jangka pendek dapat berbeda-beda antar investor. Umumnya, investasi ini dipilih untuk kebutuhan yang lebih dekat karena kefleksibelan pencairan dananya.

Yang jelas, Anda harus memiliki tujuan yang jelas tiap akan berinvestasi, misalnya ingin DP rumah dalam jangka waktu sekian lama. Dengan begitu, proses investasi akan lebih terarah.

Contoh Investasi Jangka Pendek Berbasis Syariah

  1. Reksadana Syariah

Reksadana merupakan investasi jangka pendek untuk pemula paling cocok karena modal yang Anda butuhkan tidak terlalu banyak. Selain itu, Anda cukup mengumpulkan modal tersebut ke produk investasi syariah dan tak perlu ikut mengelola dana secara mandiri.

  1. Obligasi Syariah

Obligasi ini, yang juga terkenal dengan istilah sukuk, merupakan Surat Berharga Berbasis Syariah dengan instrumen kupon sewa berjumlah tetap dan cair tiap bulan.

Umumnya, investor harus membeli sukuk ritel minimal Rp5.000.000. Pembelian dapat Anda lakukan melalui bank syariah terdekat.

  1. Deposito Syariah

Berbeda dengan deposito konvensional, deposito syariah memakai akad atau perjanjian mudharabah, tidak memberikan bunga, serta menawarkan bagi hasil hanya dari produk investasi yang halal.

  1. Peer-to-peer Lending Syariah

Investasi ini berlangsung dengan cara memberikan modal dari investor kepada pemilik usaha. Saat ini, P2P lending syariah sedang nge-trend di kalangan fintech startup.Jika Anda tertarik mengikuti investasi syariah dalam jangka pendek, Anda bisa mengunjungi xaham.id sebagai platform investasi sekarang juga untuk proses yang gampang, cepat, dan jelas.

Leave a Reply