Insight

4 Cara Mendapatkan Modal Usaha Selain Pinjam Bank

By March 8, 2023March 13th, 2023No Comments
4 Cara Mendapatkan Modal Usaha Selain Pinjam Bank

Pada kesempatan kali ini, kami akan sajikan mengenai cara mendapatkan modal usaha selain pinjam bank. Cara berikut ini lebih simpel karena tidak perlu berhutang melalui bank. 

Pasalnya ketika seseorang berhutang kepada Bank, tak jarang akan menimbulkan beban pikiran tersendiri. Sehingga bisa membuat stress dan berujung pada sakit. 

Oleh karena itu, kita perlu menghindari hutang bank. Lantas apa saja cara memperoleh modal usaha? Ada empat sumber modal yang bisa Anda manfaatkan, apa saja sih? Simak ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Sisa Tabungan Dan Aset Pribadi

Setiap orang tentu memiliki tabungan dan aset berharga yang tersimpan. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk digunakan sebagai modal awal. 

Baca Juga :  Pentingnya Investasi bagi Hidup Anda

Anda bisa menjual aset yang dimiliki atau menggadaikannya. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh modal usaha dengan mudah. Cara ini mungkin sangat mudah, tetapi perlu keikhlasan yang luar biasa. 

2. Memanfaatkan Bantuan Dari Pemerintah

Bagaimana langkah cara mendapatkan modal usaha? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yakni dengan memanfaatkan bantuan pemerintah. 

Saat ini ada beberapa jenis bantuan pemerintah, diantaranya yakni bantuan pra kerja, Kredit Usaha Rakyat atau UMKM, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mendaftar pada program tersebut dan menunggu disetujui.

3. Usaha Patungan dengan Teman

Jika Anda memiliki teman atau rekan yang satu passion denganmu, Anda bisa mengajak teman tersebut untuk membuka usaha bersama. 

Baca Juga :  Pentingnya Pelayanan Prima untuk Bisnis dan Contohnya

Dengan begitu, modal yang dibutuhkan jadi lebih ringan. Apalagi ketika usaha tersebut dijalankan secara tim, tentunya bisa cepat besar dan berkembang. 

4. Modal yang Berasal Dari Supplier

Apalagi Anda ingin menjalani usaha berjualan, Anda bisa mencoba jualan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Jadi modal awalnya (berupa barang yang akan dijual), berasal dari supplier.

Anda hanya perlu menjuanya saja kepada orang lain. Jika ditekuni dengan baik, maka usaha ini bisa tumbuh besar dan menjadi lebih maju. Demikian ulasan terkait cara mendapatkan modal usaha selain pinjam bank. Dengan mencari modal sendiri, maka usaha yang dijalani bisa lebih berkah dan pikiran jadi lebih tenang.

Leave a Reply