Insight

Manfaat Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Anda

By June 2, 2021June 18th, 2021No Comments

Berdasarkan data dari Pew Research Centers, selama 3 tahun terakhir penggunaan internet di kalangan orang dewasa meningkat sebanyak 5%. Di sisi lain, bisnis terus berupaya mencari strategi pemasaran terbaik untuk bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Penetrasi internet yang terus meningkat ini menjadi kesempatan yang besar untuk menjalankan strategi pemasaran secara digital.

Terlepas dari strategi pemasaran digital seperti apa yang ingin Anda gunakan, tujuan keseluruhan dari kegiatan pemasaran adalah untuk bisa menjangkau target pasar di tempat dan waktu yang tepat. Lantas, apa sebenarnya cara pemasaran digital itu dan manfaatnya untuk bisnis?

Pengertian Strategi Pemasaran Digital

Strategi pemasaran digital atau digital marketing strategy adalah upaya pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan gawai dan internet. Dengan biaya yang lebih murah dan cara yang lebih mudah, pemasaran dengan menggunakan internet semakin banyak diadopsi.

Ada beberapa digital marketing strategy yang banyak dilakukan para pemilik bisnis. Mulai dari menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk memaksimalkan pencarian situs bisnis, promosi dengan menggunakan media sosial, email hingga content marketing.

Sebenarnya, pemasaran digital sudah ada sejak lama. Kalau dulu bisnis menjangkau audiens dengan menggunakan saluran seperti televisi dan radio, sekarang orang lebih banyak menghabiskan waktu online. Itulah sebabnya kenapa pemasar harus mulai menjangkau lebih banyak pembeli potensial melalui saluran digital yakni internet.

Baca Juga :  Investasi atau Menabung? Kenali Perbedaan Keduanya

Manfaat Digital Marketing Strategy untuk Bisnis Anda

Sebelum Anda merancang strategi yang berbeda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan menggunakan teknologi digital untuk pemasaran. Apa saja?

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Komunikasi yang Intens

Seperti yang kita tahu, mencari pelanggan baru membutuhkan biaya dan usaha yang lebih besar dibanding mempertahankan pelanggan lama yang sudah ada. Itulah kenapa mempertahankan loyalitas pelanggan sangat penting. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah melalui kanal pemasaran digital.

Anda bisa mengirimkan email berisi penawaran produk yang berhubungan dengan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan sebelumnya. Bisa juga dengan mengajak mereka mengikuti akun media sosial Anda agar mereka bisa memperoleh informasi terkini terkait produk Anda.

  1. Promosi yang Lebih Tertarget

Ketika Anda beriklan di koran atau di televisi, Anda tidak tahu siapa saja yang akan melihat dan memutuskan membeli produk Anda. Ini membuat iklan menjadi tidak efisien. Hal tersebut tidak berlaku jika Anda menggunakan media promosi digital.

Baca Juga :  6 Cara meningkatkan team building yang Efektif dan Kuat

Internet memungkinkan Anda beriklan hanya kepada target pasar Anda. Dengan begitu, kemungkinan mereka akan tertarik dan membeli produk Anda akan semakin besar.

  1. Menciptakan Kesan Profesional

Di zaman yang serba canggih di mana kebanyakan orang memulai pencarian produk dengan Google, membuat bisnis Anda ‘terlihat’ di internet itu sangat penting. Ini tidak hanya memudahkan orang dalam menemukan bisnis Anda, tapi juga bisa membuat brand Anda terlihat lebih profesional.

  1. Meningkatkan Profit

Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk menjual produk sebanyak-banyaknya dan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Saat ini, banyak bisnis yang merasakan dampak positif dari teknologi digital yang tumbuh semakin pesat. Terlebih dengan adanya sistem pembayaran online dan layanan pesan antar.

Bisnis yang dijalankan secara digital akan memudahkan orang lain untuk menjangkaunya. Secara langsung, ini bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan profit bisnis Anda.

Itulah pengertian tentang strategi pemasaran digital dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Tertarik menerapkan cara ini untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju lagi?

Leave a Reply