Investasi

3 Cara Menghindari FOMO dalam Investasi

By March 6, 2023No Comments
3 Cara Menghindari FOMO dalam Investasi

Istilah FOMO atau fear of missing out juga terjadi dalam dunia investasi. Perasaan takut ketinggalan dengan trend adalah masalah emosi. Bagaimana cara menghindari FOMO dalam investasi?

Sikap FOMO biasanya juga muncul karena perasaan tidak cukup, tidak sabar hingga masalah pengetahuan yang kurang. Seringkali terjadi pada kalangan anak muda atau mereka yang melakukan investasi hanya karena alasan ikut-ikutan.

Nah, bagaimana caranya agar Anda tidak terjebak dengan FOMO?

  1. Manajemen Risiko yang Baik

Manajemen risiko dalam investasi adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memikirkan soal keuntungan. FOMO adalah godaan dalam hal emosi yang membuat seseorang akhirnya berpikir tidak rasional.

Akibatnya keputusan melakukan investasi tidak lagi memikirkan risiko yang akan terjadi, padahal setiap investasi sebagaimana bisnis tentu memiliki risiko setiap jenisnya. Hal ini harus dipahami dan bila perlu tanyakan kepada yang sudah berpengalaman.

  1. Keputusan Berdasarkan Riset dan Analisis
Baca Juga :  3 Jenis Investasi untuk Jangka Waktu 2 Tahun Aman Pemula

Apa itu FOMO dalam saham? Sikap yang seringkali mengabaikan soal riset dan analisa. Padahal investasi membutuhkan skill dan pengetahuan yang baik, terutama soal analisa.

Kemampuan melakukan riset dan analisis ini berdasarkan pada pengetahuan tentang investasi yang Anda pilih. Misalnya saham, forex, crypto, atau bahkan hanya investasi emas sekali pun, semuanya membutuhkan kemampuan Anda menganalisis.

Kemampuan riset dan analisa ini harus Anda biasakan agar tidak terjebak dengan sikap FOMO di atas.

  1. Pengaturan Diri Secara Psikologis

Secara psikologis Anda juga harus berpikir logis. Untuk apa saya memilih jenis investasi ini, kenapa saya mencoba di harga yang saya pilih, apakah yang saya lakukan sudah sesuai dengan rencana atau malah berubah?

Baca Juga :  3 Keuntungan Investasi Saham yang Perlu Anda Tahu

Hal-hal seperti ini akan membantu Anda bersikap kembali pada tujuan semula. Perhatikan riset dan analisa yang ada.

FOMO meaning di atas jadi salah satu panduan Anda menjalankan investasi yang sukses. Mau sukses investasi dengan aman, mudah, dan menguntungkan? Coba di xaham.id, cara investasi mudah melalui layar ponsel Anda.

Siapkan masa depan Anda, kelola investasi dari sekarang. Bersama xaham.id untuk investasi yang lebih lancar, aman, dan banyak untungnya.

Leave a Reply