Investasi

3 Keuntungan Investasi Saham yang Perlu Anda Tahu

By April 3, 2023No Comments
3 Keuntungan Investasi Saham yang Perlu Anda Tahu

Saat ini, mengalokasikan pendapatan untuk berinvestasi saham merupakan hal yang wajar. Ini terbukti dengan banyaknya orang yang sudah melek investasi dan meraup pendapatan pasif untuk bekal masa depan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi saham? Berikut penjelasannya.

Keuntungan Investasi Saham

  1. Short-term Capital Gain

Capital gain jangka pendek merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan aset milik Anda dalam kurun waktu relatif cepat, yaitu 0 hingga 12 bulan setelah Anda akuisisi.  Kegiatan ini juga memiliki julukan trading.

Meski terdengar menggiurkan, keuntungan yang didapat dari investasi saham jangka pendek memiliki risiko yang tinggi. Jadi, Anda membutuhkan jam terbang serta kemampuan analisis pasar yang tidak sedikit.

Baca juga: Jangan Pilih Saham Gorengan untuk Investasi! Ini Alasannya

  1. Long-term Capital Gain

Berbeda dengan sebelumnya, capital gain jangka panjang adalah hasil yang Anda dapatkan dari penjualan saham yang Anda miliki dalam kurun waktu lebih dari 12 bulan.

Baca Juga :  Waktu Investasi Jangka Pendek dan Karakteristiknya

Keuntungan investasi saham jangka panjang kerap menjadi incaran banyak investor lantaran sifatnya yang lebih minim risiko. Meski begitu, Anda juga perlu konsisten mengamati pergerakan harga aset Anda agar terhindar dari kerugian.

  1. Dividen

Dividen merupakan keuntungan investasi saham per tahun sebagai bentuk bagi laba dari perusahaan yang asetnya Anda miliki. Proses ini dilakukan melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Seringnya, benefit ini bisa Anda dapatkan dari keuntungan investasi saham blue chip, meski tidak menutup kemungkinan Anda dapatkan dari saham lainnya.

Meski begitu, tidak semua perusahaan memberi dividen berupa Rupiah, melainkan juga dalam bentuk penambahan saham. Selain itu, tidak semua perusahaan bersedia memberikan dividen pada pemegang asetnya.

Baca Juga :  4 Mitos Seputar Investasi dan Faktanya yang Harus Dipahami

Jika Anda tertarik meraup keuntungan investasi saham dan obligasi berupa dividen, Anda bisa berinvestasi pada saham yang terdaftar dalam IDX High Dividend 20. Index tersebut memuat daftar perusahaan yang menghasilkan dividen paling tinggi.

“Investasi saham bukanlah sebuah pertaruhan selama Anda memilih perusahaan yang memiliki performa yang baik, dan bukan hanya karena saham yang murah.”

– Peter Lynch, investor sukses yang pensiun di usia 46 tahun.

Keuntungan investasi saham banyak macamnya. Jika Anda ingin tahu cara investasi saham yang aman dan profesional, percayakan saja pada Xaham.id. Sebagai platform fintech yang sudah tercatat di OJK, Xaham bisa mempertemukan Anda dengan pengusaha berkualitas. Yuk, download aplikasi Xaham sekarang juga!

Leave a Reply