Investasi

3 Cara Investasi Saham yang Benar Bagi Pemula

By April 3, 2023No Comments
3 Cara Investasi Saham yang Benar Bagi Pemula

Saat ini, investasi saham sudah menjadi opsi untuk meningkatkan jumlah aset dan pendapatan. Bahkan, ada juga yang berhasil pensiun lebih cepat dengan cara investasi saham. Jika Anda seorang pemula, berikut langkah awal cara investasi saham yang benar.

3 Cara Menabung Saham yang Baik dan Benar

  1. Pilih Perantara Tepercaya

Meski investasi saham bisa dilakukan siapa saja, Anda tetap membutuhkan perantara. Untuk itu, Anda perlu menentukan broker alias perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Di Indonesia, sudah terdapat banyak perusahaan sekuritas. Sebelum mulai membeli saham, sebaiknya Anda pastikan perusahaan sekuritas pilihan Anda sudah terdaftar di OJK.

Membeli saham melalui bank juga menjadi salah satu opsi. Cara menabung saham di bank tidak jauh berbeda dengan membeli di perusahaan sekuritas biasa.

  1. Buka Tabungan Khusus Saham dan Tentukan Nominal Tabungan
Baca Juga :  Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti

Untuk membeli saham, Anda harus memiliki rekening khusus terlebih dahulu. Perusahaan sekuritas pilihan Anda akan membantu proses ini. Anda hanya perlu menyiapkan berkas penting seperti KTP, NPWP dan Kartu Keluarga.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengisian saldo rekening. Perusahaan sekuritas akan mengelola dana dalam tabungan untuk membeli saham incaran Anda.

Cara investasi saham untuk pemula yang direkomendasikan adalah mengisi saldo dengan jumlah tidak terlalu banyak. Bahkan, Anda sudah bisa mulai investasi saham dengan minimal saldo Rp100.000.

  1. Pilih dan Beli Saham yang Anda Inginkan

Untuk mendapatkan saham incaran, Anda perlu mengunduh aplikasi online perusahaan sekuritas pilihan Anda terlebih dahulu. Aplikasi ini umumnya bisa Anda akses melalui smartphone atau komputer.

Salah satu cara menabung saham yang menguntungkan adalah dengan berkonsultasi terlebih dulu dengan perantara pilihan Anda. Namun, Anda juga bisa melakukan buy atau sell tanpa berkonsultasi. Jumlah minimum pembelian saham adalah 1 lot atau 100 lembar saham.

“Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko sama sekali”

– Mellody Hobson, pebisnis wanita.

Cara menabung saham yang aman dan efektif adalah dengan mempelajari performa perusahaan dan risiko investasi terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus peka terhadap perubahan kondisi pasar.

Baca Juga :  3 Perbedaan Dasar Antara Investasi Saham dan Trading

Untuk Anda yang masih ragu namun tetap ingin tahu cara investasi saham, percayakan saja investasi Anda pada Xaham.id. Selain sudah terdaftar di OJK, Xaham juga bisa mempertemukan Anda dengan perusahaan berkualitas yang sudah melewati pembinaan dari Xaham. Ayo, download aplikasi Xaham sekarang juga!

Leave a Reply