Investasi

Ikut Saham Karena Tren? Hati-Hati Beberapa Hal Ini

By July 17, 2021No Comments

Tren saham memang sedang meroket beberapa waktu belakangan ini. Pengaruh pandemi dan tentu saja konten-konten saham dari influencer membuat masyarakat mulai tertarik untuk mendalami investasi yang terkenal dengan karakter high risk high return.

Berinvestasi saham bukan hal yang buruk, bahkan, minat besar Anda untuk mempelajari investasi ini adalah pertanda keinginan Anda untuk maju. Namun, jangan sampai Anda salah langkah saat berinvestasi. Hindari beberapa hal ini saat berinvestasi saham, ya!

Membeli Saham dengan Menghabiskan Uang Panas

Saham merupakan investasi high risk high return. Anda bisa saja mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi jika tidak berhati-hati, Anda bisa saja mengalami kerugian besar. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, hindari bermain saham dengan ‘uang panas’. Yang dimaksud dengan uang panas adalah uang yang diperlukan untuk keperluan tertentu, alias jika habis, Anda tak memiliki pegangan uang lagi. Bermainlah saham dengan ‘uang dingin’ atau uang yang menganggur, sehingga jika Anda mengalami kerugian, kehidupan Anda tidak terganggu.

Baca Juga :  Investasi Saham vs Emas, Pilih yang Mana?

Tergoda Opini Influencer

Salah satu kebiasaan buruk pemain saham baru adalah begitu mudah bagi mereka mendengarkan opini orang terkenal. Sayangnya, orang-orang tersebut belum tentu memilih saham yang sesuai dengan profil risiko Anda.

Untuk memahami saham apa yang sebaiknya Anda ambil, Anda harus banyak-banyak membaca dan belajar. Bersikaplah kritis dan pelajari bagaimana cara melakukan analisis saham yang baik.

Tidak Melakukan Diversifikasi

Pada saat berinvestasi saham, hal terbaik yang harus Anda ingat adalah diversifikasi. Ya, banyak orang yang all in atau setia terhadap satu saham tertentu (biasanya saham blue chip) dan merugi karenanya. Hal tersebut terjadi karena apabila saham itu jatuh, maka tidak ada saham lain yang dapat menopang. 

Baca Juga :  SCF, Cara Baru Investasi Jangka Panjang untuk Anda

Berbagai risiko dalam berinvestasi saham dapat Anda jadikan sebagai pegangan untuk berinvestasi dengan lebih hati-hati. Salah satu cara cermat untuk berinvestasi saham adalah dengan menggunakan platform crowdfunding  xaham.id. Xaham.id telah terdaftar di OJK dengan nomor POJK.57/2020 sehingga menjamin keamanan Anda dalam berinvestasi.

Saham bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan income tambahan yang menggiurkan. Mulai sekarang juga dengan melakukan investasi saham di xaham.id!

Leave a Reply