Investasi

Investasi Saham vs Emas, Pilih yang Mana?

By March 6, 2023March 14th, 2023No Comments
Investasi Saham vs Emas, Pilih yang Mana

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang perlu Anda lakukan untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik. Terdapat dua jenis investasi yang cukup populer yakni investasi saham vs investasi emas. 

Apakah Anda sedang memilih antara kedua produk investasi ini, mana yang memberikan keuntungan dalam berinvestasi? Simak pembahasan antara kedua investasi ini. 

  • Bentuk Investasi 

Hal pertama yang menjadi pembeda antara investasi saham terbaik dengan investasi emas ialah bentuk. Dalam investasi emas, Anda bisa menyimpan bentuk emas yang memang bisa Anda pegang. 

Sementara saham adalah bentuk penyertaan dalam sebuah perusahaan sehingga investasinya berwujud sertifikat. 

  • Saham Bisnis Aktif 

Melakukan investasi saham berarti Anda berinvestasi dalam bisnis yang aktif. Hal ini karena perusahaan yang menjual sahamnya tentu tetap beroperasi untuk mendapatkan keuntungan dan menjaga kepercayaan investor. 

Baca Juga :  Sebelum Buy, Ketahui 4 Waktu Terbaik untuk Membeli Kripto

Terkait dengan kesuksesan maupun kegagalan perusahaan memiliki banyak faktor seperti faktor ekonomi. Hal ini membuat harga saham juga bisa berubah-ubah. 

Sementara investasi emas tidak termasuk investasi yang reaktif terhadap kondisi perekonomian dunia. Sehingga, harga dari emas tidak akan berubah terlalu jauh khususnya dalam waktu yang singkat. 

  • Sumber Keuntungan 

Kelebihan investasi saham ialah  Anda akan mendapatkan keuntungan melalui capital gain (selisih jual beli). Bahkan, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan tanpa menjual saham dengan mendapatkan dividen. 

Berbeda dengan saham, apabila Anda melakukan investasi emas maka Anda tidak akan mendapatkan keuntungan sampai menjual emas tersebut. 

Jika ingin mendapatkan keuntungan, maka Anda harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk menjual emas tersebut. 

  • Masa Berlaku 
Baca Juga :  3 Keuntungan Investasi Saham yang Perlu Anda Tahu

Investasi saham memiliki masa berlaku selama perusahaan yang Anda beli sahamnya masih beroperasional dan masih menjadi perusahaan terbuka. Jika sudah menjadi perusahaan tertutup, maka mereka tidak akan menjual sahamnya ke publik.

Sementara apabila Anda investasi emas antam, maka tidak akan ada masa berlaku. Anda bisa tetap menjaga emas ini sampai hingga di masa depan hingga nilainya mengalami peningkatan. 

Kini, Anda sudah mengetahui perbandingan antara investasi emas dan saham bukan? Apa pilihan Anda? 

Apabila Anda hendak melakukan investasi saham, maka Anda bisa menggunakan Xaham.id sebagai platform terbaik untuk melakukan investasi bagi Anda.

Leave a Reply