Investasi

Pemula Wajib Tahu, Saham Gorengan vs Saham Blue Chip

By April 3, 2023No Comments
Pemula Wajib Tahu, Saham Gorengan vs Saham Blue Chip

Investasi saham telah berubah menjadi pilihan gaya hidup saat ini. Bahkan tidak hanya masyarakat yang tinggal di perkotaan, anak muda yang tinggal di area rural pun semakin melek investasi.

Bicara soal saham, saat ini sedang populer istilah saham gorengan dan saham blue chip. Apa saja perbedaan keduanya? Manakah pilihan saham yang tepat untuk Anda? Simak penjelasan lengkap tentang kedua jenis saham tersebut berikut ini.

Apa Itu Saham Gorengan?

Saham gorengan menjadi istilah yang populer belakangan ini. Tentu saja hal tersebut memiliki alasan yang kuat.

Saham gorengan adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenis saham yang sebaiknya tidak Anda pertahankan dalam jangka waktu lama. Jenis investasi yang satu ini biasanya menawarkan nilai keuntungan yang fantastis padahal modal dananya cenderung kecil.

Baca Juga :  3 Keuntungan Investasi Syariah

Selain itu, saham gorengan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Harga saham cenderung lebih fluktuatif daripada saham jenis lainnya.
  • Latar belakang perusahaan tidak jelas dan reputasinya buruk.
  • Kapitalisasi pasar sangat terbatas namun nilai investasinya fantastis – cenderung tidak wajar.

Oleh karena itu, investor sebaiknya beralih ke saham blue chip Indonesia untuk investasi yang lebih aman dan menguntungkan. Tapi apa sebenarnya saham blue chip itu?

Apa Itu Saham Blue Chip?

Saham blue chip adalah jenis saham yang pendapatannya stabil dan kapitalisasi pasarnya cukup besar. Tentu saja, jenis saham ini jauh berbeda dengan saham gorengan.

Anda bisa mendapatkannya dari perusahaan-perusahaan besar dan sangat cocok untuk investasi jangka panjang di bidang saham. Tentu saja, saham blue chip untuk jangka panjang juga memiliki karakteristik yang penting untuk Anda ketahui, yaitu:

  • Memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi.
  • Latar belakang dan fundamental perusahaan sudah terbukti reputasinya.
  • Tingkat likuiditas tinggi.
  • Sudah berkarir di BEI selama setidaknya 6 tahun.
Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Millenial Perlu Investasi Sejak Dini

Platform Investasi Terpercaya

Setelah mengetahui karakter saham gorengan dan saham blue chip, tentunya Anda tidak ingin terjebak dengan platform investasi abal-abal. Oleh karena itu, hanya gunakan xaham.id untuk melakukan investasi.

Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai investasi saham. Dan pastikan Anda menggunakan platform tepercaya untuk mengakomodasi investasi Anda, seperti xaham.id.

Leave a Reply