Investasi

Rekomendasi Saham Pertambangan yang Menarik untuk Anda

By April 3, 2023No Comments
Rekomendasi Saham Pertambangan yang Menarik untuk Anda

Sektor pertambangan dan energi memang merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara yang terbesar di Indonesia. Tidak heran sahamnya pun banyak dilirik oleh investor-investor saham. Bagaimana situasi pertambangan Indonesia terkini dan rekomendasi saham hari ini? Ayo kita bahas bersama-sama.

Secara umum sektor pertambangan di Indonesia terbagi menjadi pertambangan mineral dan batubara. Kondisi saham di kedua sektor ini tentunya tidak sama karena harga komoditas tambang yang juga berbeda. 

Untuk mengetahui rekomendasi trading saham hari ini, pahami dulu kondisi kedua sektor tersebut selama tahun 2021. Penjelasannya berikut ini.

Sektor Pertambangan Mineral

Pada sektor pertambangan mineral, kebutuhan logam untuk industri terus meningkat seiring perkembangan teknologi negara-negara maju. Ini pun mendorong naiknya harga komoditas-komoditas tertentu di pasar global.

Komoditas-komoditas yang cukup memiliki prospek di antaranya adalah timah, nikel, dan emas. Sehingga untuk mengetahui rekomendasi harga saham hari ini Anda dapat memantau komoditas tersebut.

Baca Juga :  3 Produk Utama Investasi Syariah di Pasar Modal

Pada komoditas emas saham yang cukup menarik untuk Anda pantau adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Merdeka Copper Gold. Sedangkan pada timah Anda dapat memantau kondisi PT Timah Tbk (TINS). Untuk nikel sendiri Anda dapat memperhatikan PT ANTM dan PT Vale Indonesia (INCO). 

Tiga komoditas tambang tersebut dianggap masih cukup cerah masa depannya. Terutama dengan didirikannya smelter di berbagai pertambangan mineral di Indonesia. Produksi di tahun 2022 pun diperkirakan akan meningkat dan terus berprospek.

Sektor Pertambangan Batubara

Sedangkan sektor pertambangan batubara, sempat terjadi pula kenaikan harga pada tahun 2021. Terutama mendekati akhir tahun di mana diprediksi harga batubara akan terus naik hingga kuartal awal 2022. Ini disebabkan oleh kebijakan energi di China dan kebutuhan-kebutuhan energi negara adidaya lainnya.

Baca Juga :  Mitos dan Fakta Seputar Investasi

Pada kuartal keempat tahun ini, ada sejumlah perusahaan yang mengalami penguatan dalam saham batu baranya. Seperti PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Indika Energy Tbk (INDY), dan PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

Sementara itu ada pula beberapa perusahaan berprospek yang harga sahamnya dapat Anda amati untuk rekomendasi beli saham hari ini. Di antaranya PT Bukit Asam Tbk (PTBA), lalu PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).Itulah gambaran rekomendasi saham hari ini sektor pertambangan. Cermati secara baik-baik sektor ini agar Anda berinvestasi pada saham yang tepat.

Leave a Reply