Investasi

3 Jenis Investasi untuk Jangka Waktu 2 Tahun Aman Pemula

By March 5, 2023March 21st, 2023No Comments

Ada dua bentuk investasi berdasarkan periode waktu pemerolehan keuntungan, yaitu jangka panjang dan pendek. Kebanyakan investor memilih investasi berdurasi pendek karena lebih cepat perputaran keuntungannya. Namun, pemula harus memilih investasi untuk jangka waktu 2 tahun yang mana?

Manakah yang cocok, aman, dan terbaik untuk pemula? Daripada bingung, perhatikan ulasannya di bawah ini.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah penanaman modal dengan durasi perolehan keuntungan atau return dari modal yang Anda tanam itu pendek, sekitar satu sampai tiga tahun.

Lalu, tujuan investasi jangka pendek apa?

  1. Pengalaman berinvestasi untuk investor baru,
  2. tambahan penghasilan atau cash flow,
  3. bagi pengusaha bisa menambah dana usaha, dan
  4. penghasilan pasif atau passive income.

Jenis Investasi Jangka Pendek yang Aman untuk Pemula

Nah, buat Anda yang ingin mengambil investasi dengan perputaran waktu sebentar, berikut ada beberapa rekomendasinya.

  1. Deposito
Baca Juga :  Rekomendasi Saham Pertambangan yang Menarik untuk Anda

Contoh investasi jangka pendek yang pertama, deposito. Produk dari bank yang mana Anda memasukkan sejumlah dana kemudian mencairkannya dalam kurun waktu relatif cepat.

Meskipun waktunya sebentar (bulanan atau tahunan), dana hanya bisa Anda tarik pada saat jatuh tempo. Jadi, Anda tidak bisa mengambilnya sewaktu-waktu. Selain itu, suku bunganya juga tergolong tinggi.

  1. Reksadana

Kedua, ada reksadana. Di sini, Anda menyerahkan dana Anda untuk dikelola oleh manajer investasi guna menghasilkan keuntungan. Adanya manajer investasi membuat Anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dan bagaimana cara mengelola modal.

Reksadana juga terbagi menjadi dua, jangka panjang dan pendek. Umumnya yang dipilih adalah pasar uang karena periodenya sebentar dan minim risikonya. Selain itu, sifat dari reksadana periode pendek adalah praktis dan likuid.

  1. Saham
Baca Juga :  Investasi Saham vs Emas, Pilih yang Mana?

Rekomendasi terakhir ada saham. Sudah tahu, kan? Investasi paling populer sejak dulu.

Saham adalah surat berharga dengan nama Anda sebagai pemilik aset. Meskipun populer dengan durasi investasi yang panjang, nyatanya saham juga ada yang jangka pendek.

Periode pendek saham biasanya menggunakan sistem trading. Keuntungannya juga bisa Anda peroleh hanya dalam waktu cepat, beberapa jam.

Namun, Anda harus pintar dan memiliki strategi untuk mengelolanya agar menghasilkan keuntungan. Selain itu, risikonya tergolong tinggi meski begitu, sebanding dengan keuntungan yang akan Anda peroleh.

Dari tiga jenis investasi untuk jangka waktu 2 tahun di atas, manakah yang akan Anda pilih? Jika sudah menentukan pilihan, jangan lupa main sahamnya di Xaham.id. Platform main saham yang aman dan menguntungkan.

Leave a Reply