Investasi

3 Produk Utama Investasi Syariah di Pasar Modal

By March 8, 2023No Comments
3 Produk Utama Investasi Syariah di Pasar Modal

Investasi syariah menjadi pilihan yang tepat para umat muslim yang ingin berinvestasi tapi tetap halal. Di Indonesia sendiri investasi dengan metode syariah sangat banyak peminatnya. Pasar modal syariah juga semakin banyak dan mendunia.

Sebenarnya pengertian pasar modal syariah tidak jauh berbeda dengan pasar modal konvensional. Hanya saja dalam menjalankannya menggunakan konsep yang syar’i sesuai ajaran islam.

Produk pasar modal syariah sendiri cukup banyak pilihannya yaitu:

  1. Reksadana Syariah

Produk pasar modal syariah yang pertama adalah reksadana syariah. Konsep reksadana syariah ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan reksadana konvensional. Hanya saja dalam reksadana syariah dana dikelola oleh manajer investasi dengan berbasis syariah.

Pengelolaan dana reksadana syariah ini dilakukan oleh manajer investasi yang diawasi oleh dewan syariah. Ada juga bank kustodian yang merupakan bank umum untuk melakukan administrasi reksadana syariah.

  1. Sukuk
Baca Juga :  Rekomendasi Saham Hari Ini yang Murah dan Cocok untuk Pemula

Produk dalam pasar modal syariah yang selanjutnya adalah sukuk. Sukuk dalam investasi konvensional dikenal sebagai obligasi.

Obligasi syariah atau sukuk ini merupakan sekuritisasi aset dan masuk dalam efek pendapatan tetap. Anda yang membeli sukuk nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti jika Anda sudah membeli aset.

Pendapatan yang Anda terima dari sukuk ini adalah uang sewa atau ujrah. Jika nanti sukuk sudah jatuh tempo maka sukuk akan dibeli oleh penjual.

  1. Saham Syariah

Saham syariah merupakan produk di pasar modal syariah yang paling menguntungkan. Pengertian saham syariah sama dengan saham konvensional, hanya saja perusahaan pemilik saham adalah perusahaan yang sudah pasti halal.

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Millenial Perlu Investasi Sejak Dini

OJK memasukkan saham syariah ke dalam DES atau Daftar Efek Syariah. Di sinilah Anda bisa membeli dan menjual saham syariah. Perusahaan penyedia saham syariah harus memenuhi kriteria OJK dan syariat islam.

Apakah Anda sudah siap untuk mulai investasi dengan metode syariah?

Berinvestasi menjadi salah satu cara terbaik menabung untuk masa depan. Anda harus memulainya dari sekarang agar kelak mendapatkan keuntungan yang besar.

Anda yang ingin melakukan investasi syariah dengan produk yang sudah dijelaskan bisa langsung mengunjungi xaham.id. Di sini Anda bisa belajar berinvestasi dengan metode syariah yang sudah pasti aman dan halal.

Leave a Reply