Investasi

4 Rekomendasi Investasi Syariah Profit Besar

By March 8, 2023No Comments
4 Rekomendasi Investasi Syariah Profit Besar

Masih ragu untuk menanamkan modal pada produk investasi karena khawatir kurang sejalan dengan prinsip agama? Jika demikian Anda bisa menjatuhkan pilihan pada instrumen investasi syariah yang tersedia semakin banyak saat ini. 

Tidak hanya terjamin kehalalannya, instrument syariah berikut juga menjanjikan imbal hasil yang besar.

  1. Investasi Syariah Emas

Sejak zaman dahulu orang mempercayai emas sebagai alat penyimpan kekayaan karena nilainya yang tak mudah terkikis, termasuk karena inflasi. Produk logam mulia ini juga cukup mudah dicairkan bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana segar.

Untuk berinvestasi syariah emas, Anda bisa melakukan pembelian produk ini di Pegadaian, toko emas resmi, atau bank syariah. Investasi emas syariah kini juga sudah dapat Anda lakukan secara online.

  1. Investasi Obligasi Syariah
Baca Juga :  3 Produk Utama Investasi Syariah di Pasar Modal

Obligasi syariah artinya adalah surat utang jangka panjang dengan nominal tertentu yang dikeluarkan oleh Negara atau perusahaan terkemuka. Investasi syariah di Indonesia yang satu ini menerapkan akad syariah, yaitu sukuk ijarah, istishna, musyarakah, dan mudharabah. 

Obligasi syariah bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan.

  1. Investasi Reksadana Syariah 

Reksadana sekarang juga sudah ada yang menerapkan prinsip-prinsip syariah. Ini artinya gabungan dana dari para investor hanya dikembangkan pada aset-aset yang sejalan dengan aturan agama. Jadi tak perlu was-was karena imbal hasil untuk investor bukanlah dari riba.

Lagi pula dalam aktivitas usahanya, investasi ini berada dalam pengawasan DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia). Ini untuk menjaga agar seluruh praktis bisnis reksadana tetap berada dalam koridor syariah.

  1. Investasi Saham Syariah
Baca Juga :  5 Cara Investasi Saham agar Untung

Produk investasi syariah selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah saham syariah. Perbedaan saham syariah dengan saham konvensional adalah penerapan nilai-nilai islami dalam praktiknya, sehingga pemilik saham mendapatkan keuntungan dari bagi hasil.

Saham syariah juga tidak akan berkaitan dengan perusahaan-perusahaan yang bisnisnya tak sejalan dengan hukum agama, misalnya pabrik khamar, atau makanan haram.

Penutup:

Untuk umat Islam di Tanah Air saat ini sudah tersedia semakin banyak instrumen investasi syariah yang berlandaskan aturan agama dalam praktiknya.4 rekomendasinya untuk Anda adalah investasi emas, obligasi, reksadana, dan saham syariah. Agar dapat memilih investasi yang paling tepat dengan karakter Anda, kunjungi Xaham.id.

Leave a Reply