Investasi

Investasi Saham Vs Reksadana, Mana yang Terbaik untuk Pemula?

By March 8, 2023No Comments
Investasi Saham Vs Reksadana, Mana yang Terbaik untuk Pemula

Investasi saham atau reksadana? Pertanyaan ini sedikit sulit untuk dijawab oleh investor pemula. Kedua jenis investasi ini memang menjadi salah satu investasi terbaik dan mudah untuk dilakukan.

Untuk Anda para investor pemula lebih baik kenali terlebih dahulu risiko dan keuntungan dari kedua jenis investasi ini.

Keuntungan dan Risiko Investasi Saham Vs Reksadana

Baik investasi dengan saham maupun reksadana mempunyai keuntungan dan risiko tersendiri. Anda para pemula yang ingin berinvestasi harus tahu apa saja keuntungan dan risikonya.

Investor pemula pasti menanyakan apakah lebih menguntungkan reksadana atau saham? Sebenarnya keduanya bisa jadi sangat menguntungkan jika Anda bisa memilih keputusan dengan tepat.

Keuntungan yang didapat dalam saham memang lebih besar daripada reksadana. Anda akan mendapatkan keuntungan tanpa harus membayar fee untuk pengelola.

Baca Juga :  Rekomendasi Saham Hari Ini yang Murah dan Cocok untuk Pemula

Pengelolaan dana dalam saham juga dilakukan secara mandiri. Artinya semua keputusan ada di tangan Anda. Anda harus menguasai teknik investasi yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Dibalik keuntungannya yang besar tentu resikonya juga besar. Anda bisa saja mengalami kerugian jika tidak menguasai teknik-teknik dalam berinvestasi saham.

Dibandingkan dengan saham, reksadana lebih sederhana dan lebih mudah. Anda hanya perlu membeli reksadana terbaik untuk memulai investasi. Selain itu, Anda juga tidak perlu menguasai teknik investasi karena dana investasi Anda sudah ada pengelolanya.

Namun Anda harus membayar fee pengelola ketika akan menarik dana investasi. Keuntungannya memang tidak besar, namun resiko yang akan Anda dapatkan kecil.

Baca Juga :  Pemula Wajib Tahu, Saham Gorengan vs Saham Blue Chip

Untuk Anda para pemula memang lebih disarankan untuk melakukan investasi reksadana terlebih dahulu. Sambil berinvestasi Anda bisa belajar terlebih dahulu mengenai teknik-teknik dalam berinvestasi saham. Apalagi sekarang investasi reksadana bisa mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Selain cukup sulit untuk para pemula, saham juga membutuhkan modal yang cukup besar. Setidaknya Anda perlu mengeluarkan modal investasi sekitar 5 juta untuk berinvestasi saham.

Jadi apakah Anda akan memilih investasi reksadana atau saham? Semuanya tergantung pada Anda.

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi saham maupun reksadana bisa di xaham.id. Anda akan mendapatkan investasi reksadana maupun saham terbaik hanya di sini.

Leave a Reply