Investasi

Bagaimana Memprediksi Saham Mana yang Akan Naik? Ini Caranya

By March 28, 2023No Comments
Bagaimana Memprediksi Saham Mana yang Akan Naik Ini Caranya

Investasi saham memang memiliki prospek yang menarik. Namun, harganya yang sangat fluktuatif dapat membuat Anda merugi. Saham hari ini dapat berubah-ubah, sehingga menuntut strategi dan kehati-hatian para investornya.

Perubahan harga saham sangat volatil dan seringkali sulit untuk diketahui. Meski demikian bukan berarti tidak bisa Anda prediksi kapan naik dan turunnya. Walaupun, hasilnya tidak akan selalu 100% akurat.

Analisis Untuk Prediksi Saham

Ada beberapa macam analisis saham hari ini yang dapat Anda pelajari untuk memahami pergerakan saham. Secara umum terbagi menjadi dua macam yaitu analisis teknikal dan fundamental. Kedua analisis ini memiliki perhitungan dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan utamanya adalah jangka waktu investasi. Analisis teknikal menganalisis harga saham dan data perdagangan saham tersebut sepanjang waktu. Sehingga analisis inilah yang umum digunakan oleh investor yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek.

Baca Juga :  5 Cara Investasi Saham agar Untung

Sedangkan, pada analisis fundamental yang dipelajari adalah kondisi perusahaan secara mendetail. Seperti aspek keuangannya, perkembangan dan kompetisinya, prospeknya di masa depan, hingga iklim ekonomi. Oleh karena itu analisis ini cocok untuk investasi dalam jangka waktu panjang.

Analisis Teknikal

Seperti pembahasan sebelumnya, analisis teknikal untuk memprediksi saham hari ini menggunakan informasi harga saham. Biasanya untuk mempermudah digunakan bantuan chart statistika dari harga tersebut serta rumus untuk menghitungnya.

Yang paling umum yaitu membaca pergerakan harga saham melalui gambarannya pada chart harga. Anda dapat mempelajari pola-pola yang menunjukan kapan saham akan naik. Contohnya yaitu pola candlestick.

Kini juga telah banyak aplikasi yang berbekal dengan perhitungan statistik untuk menganalisa saham secara teknikal. Untuk pemula dalam bidang saham, penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu mempermudah prediksi info saham hari ini.

Baca Juga :  Ikut Saham Karena Tren? Hati-Hati Beberapa Hal Ini

Analisis Fundamental

Selain itu untuk mengetahui saham hari ini naik atau tidak digunakan pula analisis fundamental. Jika analisis teknikal hanya melihat beberapa aspek saja, analisis fundamental perlu mempertimbangkan semua kondisi ekonomi secara keseluruhan.

Analisis ini memerlukan waktu lebih lama untuk Anda pelajari. Beberapa aspek yang bisa Anda cari tahu untuk analisis ini di antaranya mengenai ekonomi global, ekonomi secara makro maupun mikro, serta analisis industri dari perusahaan itu sendiri. Semua hal itu dapat mempengaruhi harga saham.

Mempelajari pergerakan saham hari ini memang cukup sulit. Namun dengan latihan dan seiring berjalannya waktu Anda akan dapat melakukan prediksi saham mana yang akan naik dan berprospek untuk Anda investasikan.

Leave a Reply