Investasi

Mana yang Harus Didahulukan, Investasi atau Dana Darurat?

By March 2, 2023March 21st, 2023No Comments
Mana yang Harus Didahulukan, Investasi atau Dana Darurat

Sebuah pilihan bagi Anda jika ingin memutuskan apakah investasi atau menyiapkan dana darurat lebih dulu. Jika Anda memiliki banyak anggaran, keduanya sangat mungkin Anda lakukan bersamaan. Namun, bagaimana jika harus memilih?

Sebenarnya baik investasi maupun dana darurat sama-sama penting, tetapi pada kondisi tertentu Anda tentu harus memilih. Bagaimana caranya?

Memahami Makna Investasi dan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang Anda butuhkan untuk kepentingan mendesak, darurat, dan biasanya dalam jangka pendek.

Sedangkan investasi adalah dana yang memang secara khusus Anda investasikan untuk kebutuhan setidaknya satu tahun, kurang dari lima tahun atau lebih dari itu.

Secara waktu sangat jelas perbedaannya. Artinya kalau Anda berinvestasi untuk kebutuhan dana darurat cukup sulit. Investasi cenderung ditujukan untuk kegiatan yang memang sudah berjangka.

Baca Juga :  5 Cara Investasi Saham agar Untung

Misalnya pendidikan beberapa tahun kemudian, menikah sekitar satu atau dua tahun lagi dan sebagainya. Sedangkan untuk kondisi darurat cenderung tidak terduga. Seperti misalnya biaya perjalanan mendadak, sakit, dan sejenisnya.

Jadi Mana yang Harus Anda Dahulukan?

Berdasarkan kebutuhannya, maka tingkat pentingnya lebih utama dana darurat dibandingkan investasi. Jika Anda harus memilih maka dahulukan dana darurat. Contoh dana darurat yang paling mudah Anda ketahui adalah tabungan di bank. Anda bisa menyiapkan tabungan ini sebagai kebutuhan darurat sewaktu-waktu.

Berapa besar dana darurat yang perlu Anda siapkan?

Jika Anda masih single, maka cukup 6 kali dari jumlah rata-rata pengeluaran bulanan. Sedangkan jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, bisa mencapai 12 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan Anda.

Baca Juga :  Investasi Syariah Reksa Dana: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dana darurat adalah dana penting yang akan Anda alokasikan untuk kebutuhan primer. Sedangkan investasi biasanya merupakan dana menganggur yang memang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan rutin bulanan.

Bagaimana dengan asuransi? Selain sebagai investasi, asuransi tertentu juga bisa menjadi dana darurat yang akan membantu Anda sewaktu-waktu.

Butuh layanan mudah untuk mempersiapkan dana darurat maupun investasi masa depan Anda? Nikmati layanan di xaham.id. Kelola keuangan Anda dengan cermat, bijak, dan menguntungkan di platform xaham.id melalui investasi dan dana darurat. Dapatkan peluang keuntungan yang menjanjikan.

Leave a Reply