Investasi

Strategi Investasi Terbaik Bagi Calon Investor

By May 17, 2023No Comments
Strategi Investasi Terbaik Bagi Calon Investor

Beragam kisah sukses investasi yang tersedia di berbagai media tentu saja membuat banyak orang tertarik untuk berinvestasi. Salah satunya mungkin saja Anda. Menjadi seorang investor memungkinkan Anda memberikan cara mendapatkan modal usaha bagi perusahaan yang membutuhkan pendanaan.

Dana investasi adalah salah satu contoh modal usaha yang banyak dicari oleh pemilik bisnis. Bagi Anda yang berniat menjadi investor, pembahasan berikut ini akan membantu Anda memahaminya dan memberikan strategi terbaik untuk Anda memulainya.

Ada 3 jenis investor yang bisa Anda pilih untuk melakukan investasi pada perusahaan Anda.  

1.   Melalui Angel Investor

Kehadiran Angel investor sangat membantu sebuah bisnis untuk berkembang. Angel investor sendiri biasanya adalah orang-orang yang memiliki kekayaan besar. Dengan kekayaan yang mereka miliki ini, mereka dapat membantu pebisnis seperti Anda untuk maju.

Anda dapat mencari Angel investor dari keluarga dan teman dekat. Selain itu bisa juga orang-orang yang anda kenal dan tahu sudah melakukan investasi pada bisnis lain. Persiapkan proposal bisnis Anda dengan baik, lalu presentasikanlah kepada Angel investor ini.

Baca Juga :  Pemula Wajib Tahu, Saham Gorengan vs Saham Blue Chip

2.   Melalui Venture Capital

Jenis investor ini adalah sebuah perusahaan profesional yang memang bergerak dalam bidang investasi. Jika Anda telah memiliki sebuah perusahaan yang sudah berjalan dan memiliki produk yang baik, maka Venture capital akan tertarik untuk berinvestasi. 

Ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh ketika mendapatkan pendanaan dari Venture capital. Mulai dari jumlah investasi yang lebih besar dan beragam jenis investasi sesuai tahapan perkembangan perusahaan. Salah satu yang terbaik adalah tentu saja tingkat kredibilitas perusahaan Anda akan lebih tinggi ketika mendapatkan investasi dari investor ini.

3.   Melalui Crowdfunding Investor

Berbeda dengan jenis-jenis modal usaha melalui investor sebelumnya, jenis investor ketiga ini adalah kumpulan dari banyak orang. Crowdfunding investor beranggotakan para investor dengan modal yang kecil, tetapi dengan jumlah anggota yang besar. 

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Millenial Perlu Investasi Sejak Dini

Pada akhirnya akan tersedia dana yang cukup untuk dapat diinvestasikan pada sebuah usaha. Pengumpulan dana dilakukan oleh sebuah perusahaan financial technology dengan cara urun dana menggunakan platform. 

Nantinya perusahaan yang membutuhkan pendanaan akan di pertemukan dengan investor melalui platform ini.  Kehadiran platform ini dipercaya memberikan manfaat lebih banyak pada tumbuhnya perekonomian.

Itulah 3 cara mendapatkan modal usaha melalui investor. Ada strategi terbaik bila Anda ingin memulai untuk berinvestasi tetapi masih memiliki modal yang kecil. Anda dapat memulai investasi melalui PT Xaham Fintek Ekuitas, perusahaan financial technology yang memiliki model investasi urun dana. Anda dapat memulainya sekarang dengan mengunjungi website https://xaham.id/blog/

Leave a Reply