Tips

Tips Mencari Investor untuk Pengusaha Pemula

By June 7, 2021June 18th, 2021No Comments

Sampai saat ini keterbatasan modal masih menjadi penyebab banyak bisnis yang terpaksa berhenti. Ini adalah bukti bahwa sebuah perusahaan tidak bisa menjadi besar hanya karena punya ide dan konsep yang bagus. Sekeren apapun ide yang Anda punya, tanpa modal maka ide itu selamanya hanya akan menjadi ide saja.

Selain mengumpulkan uang sendiri untuk memulai bisnis, mencari investor adalah langkah yang banyak ditempuh pengusaha baru. Namun ternyata, memperoleh suntikan dana dari pemodal ini juga tidak mudah. Lantas, langkah-langkah apa saja yang bisa Anda ambil untuk mencari modal dari investor ketika bisnis yang dijalankan masih tergolong baru?

  1. Mulailah dari Keluarga dan Teman Dekat Anda

Modal itu sama dengan kepercayaan. Dan kepercayaan lebih mudah diperoleh dari orang-orang yang sudah mengenal Anda dan mereka adalah keluarga serta teman dekat. Ini mungkin bisa menjadi cara paling mudah dalam mencari investor. Anda bisa memberikan pilihan penawaran kepada mereka. Apakah modal yang mereka berikan hanya jadi pinjaman, atau jadi investasi?

Meskipun mereka adalah orang yang sudah Anda kenal, tapi bukan berarti Anda bisa menganggap remeh pengajuan investasi Anda. Lakukan pitching secara profesional selayaknya berhadapan dengan investor lainnya. Dengan begitu, mereka tahu apakah bisnis Anda layak untuk mendapatkan investasi atau tidak.

  1. Manfaatkan Platform P2P Lending

Salah satu alternatif untuk mencari investor adalah dengan memanfaatkan platform peer-to-peer lending. Saat ini ada banyak sekali perusahaan fintech yang menjadi mediator untuk mempertemukan antara pemilik modal dengan pengusaha yang membutuhkan modal. Kebanyakan perusahaan fintech ini menyediakan dana pinjaman untuk pengusaha UMKM.

Selain proses pengajuannya yang mudah, Anda bisa memperoleh beragam pilihan nominal. Adanya P2P lending diakui mempermudah banyak pengusaha kecil yang tidak punya akses permodalan ke bank.

  1. Buat Proposal Bisnis yang Menarik

Jika Anda berniat untuk mencari investor dari perusahaan-perusahaan besar lain atau dari pemerintah, jangan lupa siapkan proposal yang menarik. Langkah ini perlu dilakukan agar calon investor percaya dengan konsep bisnis Anda. Selain itu, cara penyampaian yang bagus juga akan memberikan nilai plus yang memperbesar peluang Anda mendapatkan dana investasi.

Kalau Anda memiliki jaringan yang luas, Anda bisa mencari investor di acara-acara maupun event bisnis yang berhubungan dengan usaha yang Anda jalankan. Dalam gelaran semacam ini biasanya banyak petinggi, pengusahaa bahkan investor yang hadir. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menyampaikan proposal bisnis dan memperoleh pendanaan.

  1. Jangan Lupa Jelaskan Risiko Bisnis Anda

Semua bisnis memiliki risikonya masing-masing, tidak terkecuali usaha yang akan Anda jalankan. Baik besar maupun kecil, risiko harus diketahui oleh calon investor. Para investor yang sudah lama terjun di dunia investasi pasti sudah memahami adanya risiko ini. Jadi sebaiknya, hindari menyembunyikannya dari calon investor ketika Anda mempresentasikan bisnis Anda.

Meskipun bisa jadi nilai minus, tapi menjelaskan dengan gamblang risiko kepada calon investor bisa membuat mereka lebih respect pada Anda. Selain itu, bisa jadi Anda malah akan mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi atau meminimalisirnya.

  1. Mengikuti Kompetisi dan Pameran

Jika kebetulan ada acara kompetisi atau pameran yang berhubungan dengan bisnis Anda, jangan ragu untuk ikut serta. Selain bisa bertemu dengan orang-orang penting dalam bisnis terkait, ini bisa menjadi cara instan mencari investor. Beberapa penyelenggara kompetisi bahkan secara langsung menawarkan modal sebagai hadiah jika peserta memenangkan pertandingan.

Selain langkah-langkah di atas, sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari investor. Namun dengan beberapa poin ini, Anda bisa tahu bagaimana harus memulai. Selamat mencoba!

Leave a Reply