Tips

Tips Sukses Berinvestasi Selama Pandemi Covid-19

By July 23, 2021No Comments

Investasi merupakan salah satu sarana untuk memastikan masa depan yang lebih terjamin. Namun di tengah ketidakpastian keuangan masa pandemi Covid-19 membuat sebagian orang meninggalkannya. Padahal, agar mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang harus rutin berinvestasi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sukses dalam dunia investasi meski tengah berada di pandemi. 

  1. Atur Ulang Pos Keuangan

Tidak dapat dipungkiri, kondisi keuangan saat masa pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan bila dibandingkan dengan sebelumnya. Karena itu, Anda harus mengatur kembali pos keuangan Anda secara mendetail, baik pemasukan maupun pengeluaran. 

Usahakan setiap anggaran yang dikeluarkan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Sebisa mungkin hidup dengan minimalis agar Anda bisa menyisihkan dana untuk berinvestasi.

  1. Diversifikasi Investasi
Baca Juga :  Pakai 7 Cara Meningkatkan Penjualan Pada Sebuah Bisnis, Dijamin Omset Naik

Salah satu cara untuk meminimalkan risiko investasi adalah berinvestasi di lebih dari satu instrumen. Ketika salah satu instrumen sedang mengalami kerugian, Anda bisa mengelola instrumen yang lain. 

Misalnya, Anda memiliki investasi saham dan properti. Kondisi pasar modal sangat fluktuatif sehingga memiliki risiko yang tinggi di masa pandemi ini. Nah, Anda masih bisa tetap berinvestasi pada properti yang harganya cenderung stabil. 

  1. Pilih Investasi Jangka Panjang

Tips sukses selanjutnya dalam dunia investasi selama pandemi adalah memilih investasi jangka panjang. Investasi untuk jangka panjang tak akan terpengaruh pada kondisi pandemi yang terjadi karena memang ditujukan untuk beberapa tahun ke depan. 

Jadi, ketika nilai investasi Anda pilih saat ini menurun, namun dalam beberapa taun mendatang nilainya bisa terus meningkat. Dalam melakukan investasi jangka panjang hindari penggunaan dana kebutuhan sehari-hari serta dana darurat.  Selalu alokasikan dana khusus tiap bulannya. 

  1. Pantau Secara Berkala
Baca Juga :  3 Alasan Jangan Asal Ikut-ikutan Investasi

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memantau peluang investasi yang bisa dilakukan Anda ambil. Bila ada saham atau properti bagus yang sedang turun harga, Anda bisa membelinya. Jangan lupa juga memantau kondisi investasi yang telah Anda miliki. Pemantauan ini dimaksudkan agar Anda semakin berhati-hati dan bisa mengatur strategi yang tepat dalam berinvestasi. 

Tips sukses dalam dunia investasi ini harus rutin Anda terapkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Leave a Reply