Insight

3 Strategi Bisnis Kekinian Menggunakan Tiktok!

By July 30, 2021No Comments

Cara meningkatkan penjualan bisa melalui berbagai media, ada yang lebih suka melakukan promosi secara tradisional ada juga yang melakukan digital marketing. Namun, bagi Anda yang memiliki bisnis online, penting sekali mengetahui strategi bisnis menggunakan digital marketing yang kekinian, semakin trendi semakin tinggi jangkauan calon konsumen.

Media Sosial yang paling kekinian untuk konten kreatif yang menghibur saat ini adalah TikTok. Dengan 800 juta pengguna aktif, TikTok menjadi platform media sosial yang cocok untuk penerapan marketing online. 

Namun, sebelum Anda terjun ke TikTok, ketahui terlebih dahulu mengenai karakteristik dan perilaku penggunanya. Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan strategi bisnis kekinian menggunakan TikTok!

  1. Langkah Pertama, Analisa Bisnis Anda!
Baca Juga :  Cara Identifikasi Kebutuhan Pelanggan Secara Mudah

TikTok didominasi oleh pengguna berusia 16-24 tahun, rata-rata menghabiskan 29 menit untuk menonton, menciptakan dan berbagi video di platform tersebut. Pengguna TikTok di Indonesia juga lebih menyukai video makanan, fashion, komedi dibandingkan dengan jenis konten lainnya. 

Kenali produk Anda sendiri, analisa target pasarnya dan pastikan sesuai dengan karakteristik pengguna TikTok. Jika sudah sesuai, silahkan dilanjutkan ke langkah berikutnya!

  1. Cari Ide konten Menarik

Anda bisa menggunakan tool gratis untuk mengetahui tren kata kunci yang sesuai dengan promosi produk Anda. Beberapa tool yang bisa memberikan Anda ide adalah Ahrefs atau Ubersuggest. 

Anda juga bisa membuat konten video TikTok interaktif yang menanyakan topik yang diinginkan oleh calon konsumen. Dengan begitu, Anda bisa lebih dekat dengan konsumen dan langsung tahu keinginan mereka. 

Baca Juga :  3 Alasan menggunakan Blog untuk Strategi Bisnis

Jangan lupa menambahkan deskripsi yang jelas dan link menuju website bisnis online Anda!

  1. Pergunakan Hashtag yang sesuai

Setelah membuat video yang sesuai, gunakan hashtag yang sesuai. Cara membuat hashtag adalah dengan menyertakan tanda tagar (#), kemudian menuliskan topik video Anda. 

Dengan adanya hashtag, topik video dan produk Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. 

Jika bingung ingin menuliskan hashtag apa, silahkan buka menu discover. Disitu, Video yang muncul diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Tiru hashtag yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda ditawarkan. 

Leave a Reply