Insight

Investasi Emas vs Investasi Saham, Mana yang Lebih Baik?

By August 3, 2021No Comments

Ketika memilih instrumen investasi, ada banyak orang yang kerap merasa bimbang. Salah satu hal yang kerap mereka pikirkan adalah, antara investasi emas dan investasi saham, mana yang lebih baik?

Ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum memilih yang tepat untuk Anda. Mari simak poin-poin pentingnya di sini.

Profil Risiko Investasi Anda

Profil risiko investasi seseorang ditinjau dari jenis pekerjaan, usia, dan bagaimana mereka siap menerima risiko pada saat mengalami kegagalan. Jika profil risiko investasi Anda tinggi, investasi terbaik untuk Anda adalah saham. Namun, jika profil risiko Anda rendah, investasi emas adalah jenis investasi yang tepat untuk Anda.

Baca Juga :  Bisnis Sukses dengan 3 Cara Membuat Target Penjualan
Jangka Waktu dan Tujuan

Emas pada dasarnya bukan murni instrumen investasi, tetapi pengaman harta. Jika Anda menyimpan tabungan dalam bentuk uang, ia akan tergerus oleh inflasi. Namun, nilai emas tidak tergerus inflasi. 

Meski begitu, emas bukan instrumen investasi yang memberikan Anda hasil yang cepat, kecuali jika Anda berjualan emas. Lain halnya dengan saham, di mana Anda bisa mendapatkan hasil dalam waktu yang cepat –selama Anda beruntung dan paham bagaimana tata cara bermain saham yang tepat–.

Pengetahuan Anda

Beberapa waktu belakangan ini, banyak orang yang ikut bermain saham lantaran takut ketinggalan tren. Ketika berinvestasi, jangan pernah melakukannya karena tren semata, terlebih dalam saham. Anda harus memahami bahwa saham membutuhkan pengalaman dan pengetahuan. Pelajari saham secara dalam terlebih dahulu jika Anda berniat untuk bermain saham. Kemudian, pilihlah platform saham yang tepat seperti xaham.id.

Baca Juga :  Jangan Salah Pilih! Kenali Investasi yang Cocok untuk Anda

Xaham.id merupakan sebuah fintech crowdfunding yang mempertemukan antara penerbit saham, penjual, dan pembeli saham. Telah terdaftar di OJK dengan nomor POJK.57/2020, memulai investasi saham di xaham.id adalah cara terbaik jika Anda menginginkan cara berinvestasi yang aman.

Baik investasi emas mau pun investasi saham, semua kembali kepada Anda. Namun, apakah Anda berniat untuk berinvestasi saham dengan tenang tanpa ancaman penipuan? Mulai sekarang juga bersama xaham.id.

Leave a Reply