Insight

Investasi atau Menabung? Kenali Perbedaan Keduanya

By August 8, 2021No Comments

Sekilas, kegiatan menabung dan investasi memang terlihat sama. Yaitu menyimpan atau mengalokasikan dana untuk tujuan tertentu. Namun, pada kenyataannya keduanya berbeda. Agar tidak salah kaprah, berikut 3 hal yang membuat menabung berbeda dengan investasi:

  1. Berdasarkan Fungsinya

Umumnya, menabung merupakan kegiatan mengalokasikan dana sebagai cadangan untuk kebutuhan sehari-hari. Dana tersebut disimpan pada media yang mudah diakses, sehingga dapat langsung diambil ketika dibutuhkan.

Sedangkan berinvestasi merupakan aktivitas menyimpan dana jangka panjang dalam bentuk penanaman modal pada instrumen tertentu. Pendanaan ini bertujuan meraih keuntungan di masa depan.

Pertumbuhan dan keuntungan berinvestasi ini baru akan terlihat setelah 3- 5 tahun kemudian. Selain itu, terdapat periode ketentuan pengambilan investasi, sehingga Anda tidak bisa sewaktu-waktu mengambil hasil penanaman modal tersebut.

  1. Berdasarkan Faktor Risiko dan Bunganya
Baca Juga :  Cara Memahami dan Memenuhi Kebutuhan Pelanggan dalam Bisnis

Saat ini banyak bank yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup canggih, sehingga memiliki faktor risiko yang lebih kecil. Selain itu, isi rekening kamu hanya akan dipotong biaya administrasi bulanan sesuai produk bank yang diambil.

Setiap nasabah pemilik tabungan di bank, akan menikmati keuntungan berupa bunga yang otomatis ditambahkan dalam tabungan. Namun, tentunya nominal bunga yang diperoleh sangat kecil jika dibandingkan dengan keuntungan berinvestasi.

Di dunia pendanaan, semakin tinggi modal yang ditanamkan maka semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh. Namun keuntungan tersebut tentu berbanding lurus dengan risikonya. Semakin besar keuntungan Anda, semakin tinggi pula risiko yang dihadapi.

  1. Berdasarkan Produknya

Umumnya, terdapat dua pilihan menyimpan uang di bank. Yaitu, berupa tabungan atau deposito. Sedangkan instrumen pendanaan bentuknya lebih beragam.

Baca Juga :  Mengenal Profil-Profil Risiko Investasi, Anda yang Mana?

Terdapat dua jenis penanaman modal. Untuk instrumen pendanaan yang bersifat aset riil dapat dilihat bentuk fisiknya, seperti tanah (properti), rumah, emas (logam mulia). Sedangkan yang berbentuk keuangan berupa saham, obligasi, reksa dana, dan pendanaan online lainnya.

Demikian 3 perbedaan paling mendasar antara menabung dengan berinvestasi. Jika Anda membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha, hubungi Xaham.id. Kami akan membantu menghubungkan Anda dengan pemodal untuk menumbuh-kembangkan usaha agar lebih maju, kuat, dan sehat secara bersama-sama.

Xaham.id merupakan financial technology urun dana yang telah ada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020). Xaham.id akan membantu Anda bertransaksi jual-beli saham secara elektronik. Investasi untuk pengembangan usaha Anda jadi lebih mudah bersama Xaham.id.

Leave a Reply