Investasi

Cara Mengenali Investasi Bodong

By August 7, 2021No Comments

Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita tentang maraknya investasi bodong. Sayangnya, banyak juga orang yang tertipu oleh investasi bodong tersebut. Bukannya untung malah jadi buntung. Nah, sebelum Anda berinvestasi, ada baiknya Anda kenali dulu ciri-ciri investasi bodong berikut ini:

  1. Menjanjikan Imbalan Besar dalam Waktu Singkat

Investasi bodong hampir selalu menjanjikan imbal jasa besar dan tidak masuk akal dalam waktu singkat. Beberapa investasi bodong bahkan menjanjikan imbal hasil hingga 30-50% setiap bulannya. Imbal hasil yang besar dalam waktu singkat inilah yang sering kali menjadi magnet penarik yang menggiurkan sehingga banyak orang yang tergoda untuk bergabung di investasi bodong tersebut.

  1. Tidak Terdaftar di OJK
Baca Juga :  Jenis Investasi Selain Saham yang Cocok untuk Pemula

Ciri investasi bodong lainnya yaitu tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal semua investasi yang legal di Indonesia, harusnya terdaftar di OJK.

  1. Memanfaatkan Tokoh Ternama atau Terkenal

Investasi bodong juga sering mencatut atau memanfaatkan tokoh nama terkenal untuk menarik kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi.

  1. Mengajak Bergabung dengan Mendesak

Ciri lain investasi bodong yang mudah ditebak yaitu cara mereka mengajak calon investor baru dengan mendesak atau memberikan penawaran terbatas. Hal ini membuat para calon investor yang tidak berhati-hati tergiur dengan penawaran mereka.

  1. Rekam Jejak Fiktif

Investasi bodong juga sering menceritakan rekam jejak mereka yang “wah” dan meyakinkan, namun jika ditelusuri dengan benar, seringkali rekam jejak mereka sebenarnya hanyalah fiktif dan bualan belaka.

  1. Informasi Sangat Minim
Baca Juga :  Mau Investasi Syariah? Kenali Dulu 4 Risikonya Sebelum Mulai

Informasi tentang investasi bodong biasanya juga sangat minim sehingga para investor tidak bisa mendapatkan informasi yang memadai, kecuali dari para oknum pelaku investasi bodong tersebut.

Demikian beberapa cara mengenali investasi bodong. Jadi, jangan mudah tergiur dengan investasi yang belum jelas legalitasnya ya. Alih-alih untung, malah jadi buntung. Yuk, investasi mudah dan legal di Xaham.id, tempat jual beli saham elektronik yang terdaftar di OJK.

Leave a Reply