Investasi

Ketahui 5 Investasi Syariah Terbaik dan Halal

By August 6, 2021No Comments

Bila Anda ingin berinvestasi namun tetap dengan prinsip dan nilai-nilai Islam, Anda dapat memilih investasi syariah yang tidak bertentangan dengan agama. Sebab investasi berbasis syariah ini tidak melakukan praktek riba, minim resiko, serta manfaatnya dapat dirasakan oleh nasabah dan orang lain.

Apabila Anda tertarik untuk investasi syariah, berikut ini 5 investasi syariah terbaik dan halal yang bisa Anda pilih:

  1. Deposito Syariah

Investasi syariah terbaik yang paling banyak dipilih para investor adalah deposito syariah. Deposito syariah merupakan salah satu jenis produk tabungan berjangka yang disediakan oleh bank dan dikelola sesuai dengan hukum syariah.

Untuk mekanismenya hampir sama dengan deposito konvensional. Namun perbedaannya adalah deposito konvensional memberlakukan sistem suku bunga tabungan, sedangkan deposito syariah memberlakukan sistem bagi hasil investasi produk usaha yang halal.

  1. Investasi Emas Syariah

Investasi emas termasuk investasi yang halal dan sesuai dengan syariat Islam. Bagi investor pemula, instrumen investasi ini dapat dijadikan pilihan sebagai investasi jangka panjang yang minim resiko dan nilainya cenderung naik tiap tahunnya.

Baca Juga :  Mau Investasi Jangka Pendek atau Jangka Panjang? Kenali Perbedaannya

Modal yang diperlukan untuk investasi emas pun tidak besar. Anda bisa membuka tabungan emas di bank syariah, pegadaian, maupun pada aplikasi marketplace yang bisa dilakukan secara digital. Semua ini tergolong halal, asalkan tidak menggunakan skema seperti ponzi dan benar-benar ada emas yang diinvestasikan.

  1. Saham Syariah

Investasi saham syariah yaitu efek atau surat berharga berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam karena menjalankan konsep penyertaan modal dan menerapkan sistem bagi hasil atas usaha yang produk maupun mekanismenya tidak bertentangan dengan sistem syariah.

Investasi saham syariah ini dapat ditemukan pada Indeks Saham Syariah Indonesia, Jakarta Islamic Index, dan Jakarta Islamic Index 70 yang berisi kumpulan perusahaan yang bergerak di bidang yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah Islam.

  1. Reksa Dana Syariah

Untuk investor pemula yang ingin memulai investasi syariah bisa memilih reksa dana syariah. Sistem reksa dana syariah pun mirip seperti reksa dana konvensional dimana investor memasukkan dana untuk diinvestasikan, kemudian dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi. 

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Saham Syariah Terbaik Di Tahun 2022

Perbedaannya dengan reksa dana syariah terletak pada dana yang diinvestasikan akan dikelola pada instrumen investasi yang menjalankan prinsip syariah.

  1. Investasi Properti

Investasi syariah terbaik berikutnya yaitu investasi di bidang properti seperti rumah tinggal, apartemen, atau kondominium. Selama Anda membeli properti tersebut dengan uang yang halal dan properti tersebut tidak dipergunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan agama, maka investasi tersebut tergolong syariah.

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi syariah tersebut, kira-kira apa yang paling sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan kemampuan Anda?

Apabila Anda tertarik untuk jual-beli saham secara elektronik, Xaham.id yang merupakan perusahaan finansial teknologi dapat menjadi penghubung antara investor dan penerbit saham. Sudah berada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020), Xaham.id aman dan dapat diandalkan.

Leave a Reply