Investasi

Berapa Modal Investasi Saham? Perhatikan 3 Faktor Berikut!

By March 7, 2023March 28th, 2023No Comments
Berapa Modal Investasi Saham Perhatikan 3 Faktor Berikut!

Saham menjadi instrumen investasi yang menawarkan return paling besar. Namun, beberapa orang terkadang ragu untuk memulainya karena takut membutuhkan modal besar. Sebenarnya, berapa sih modal investasi saham itu? 

Modal saham adalah besarnya biaya yang Anda butuhkan untuk membeli saham. Modal saham pada dasarnya tidak perlu terlalu besar. Anda bahkan bisa memulainya hanya dengan modal 100 ribuan saja. 

Apakah semuanya dapat dimulai dengan modal 100 ribu saja? Tentu saja tidak. Besar kecilnya modal untuk investasi saham dipengaruhi oleh harga saham perusahaan dan berapa banyak lembar saham yang Anda beli.

Apakah Ada Ketentuan Minimum Modal Investasi Saham?

Secara nominal, tidak ada ketentuan berapa batas terkecil modal saham. Batasnya justru dari berapa lembar saham yang harus Anda beli.

Meski harga saham terhitung per lembar, namun pembelian saham tidak bisa per lembar. Anda harus membelinya dalam 1 lot yang setara dengan 100 lembar saham, sesuai dengan aturan BEI.

Baca Juga :  3 Rumus Alokasi Gaji untuk Investasi

Jadi, jika harga saham per lembarnya Rp20.000, maka kamu membutuhkan modal awal untuk investasi saham Rp2.000.000. Ini belum termasuk biaya penanganan dan biaya lainnya jika ada.

Faktor yang Memengaruhi Besarnya Modal Investasi Saham

Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi besarnya modal yang Anda butuhkan untuk membeli saham. Dua di antaranya sudah tercantum di awal, yaitu harga saham perusahaan dan banyaknya saham yang Anda beli. Satu faktornya lagi adalah biaya transaksi.

Biaya transaksi masing-masing perusahaan ini berbeda-beda. Umumnya, fee transaksi yang harus Anda bayar berkisar antara 0,2-0,2 persen dari total transaksi pembelian (sudah termasuk PPN).

Sebagai ilustrasi, Anda hendak membeli 1 lot saham yang mana harga per lembarnya Rp20.000. Pihak sekuritas menetapkan biaya transaksi 0,3 persen. Berapa modal investasi saham yang Anda butuhkan?

Baca Juga :  3 Produk Utama Investasi Syariah di Pasar Modal

Harga 1 lot saham: 100 x Rp20.000 = Rp2.000.000

Biaya transaksi: 0,3 x Rp2.000.000 = Rp600.000

Total modal yang Anda butuhkan: Rp 2000.000 + Rp600.000 = Rp2.600.000

Itu hanya sekedar ilustrasi. Masih ada banyak perusahaan yang menawarkan harga saham rendah, bahkan ada yang di bawah Rp1.000 per lembarnya. Jadi, Anda tak perlu khawatir dan tetap bisa mulai berinvestasi meski modalnya masih minim.

Selalu ingat, untuk menentukan modal investasi saham perhatikan 3 faktor: harga saham, jumlah saham yang Anda beli, dan biaya transaksi. Jika kesulitan atau kurang yakin dalam melakukan perhitungan, Anda dapat meminta bantuan Xaham.id.

Leave a Reply