Investasi

Mau Investasi Syariah? Kenali Dulu 4 Risikonya Sebelum Mulai

By March 10, 2023March 13th, 2023No Comments
Mau Investasi Syariah Kenali Dulu 4 Risikonya Sebelum Mulai

Saat ini, melebarkan portofolio dengan membeli instrumen investasi syariah sudah menjadi pilihan banyak investor. Pasalnya, sudah banyak jenis investasi syariah yang menguntungkan di Indonesia. Meski begitu, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi syariah agar tidak salah langkah.

4 Resiko Investasi Syariah Indonesia

  1. Variasi Produk Tidak Banyak

Produk investasi syariah memang menggiurkan, terutama bila Anda mengutamakan ketenangan hati karena tidak ingin mendapatkan keuntungan berupa riba.

Sayangnya, produk investasi yang syariah belum banyak jumlahnya. Saat ini, Anda hanya bisa berinvestasi di saham syariah, obligasi syariah dan reksadana syariah.

Meski begitu, upaya pengembangan produk terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

  1. Return Investasi Tidak Stabil

“Apakah keuntungan dan risiko investasi syariah lebih baik daripada investasi konvensional?”. Berikut adalah pertanyaan tentang risiko investasi syariah yang kerap terdengar.

Baca Juga :  4 Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Investor

Sama halnya dengan saham konvensional, return dan risiko investasi syariah juga berpotensi mengalami ketidakstabilan.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya perubahan tren di pasar modal, perekonomian, maupun kebijakan pemerintah.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap up to date terhadap perubahan-perubahan tersebut.

  1. Potensi Gagal Investasi

Sama seperti investasi biasa, gagal investasi juga berpotensi muncul sebagai resiko investasi saham syariah.

Karena pasar modal syariah menganut sistem bagi hasil, maka keberhasilan investasi sangat bergantung pada pengelolaan perusahaan yang Anda investasikan.

Maka dari itu, pastikan Anda sudah mempelajari fundamental perusahaan dengan baik, serta mengutamakan investasi jangka panjang.

  1. Sulit Dijual Kembali

Meski sedang berkembang, produk investasi syariah bukanlah produk populer di pasar modal. Artinya, banyak yang belum mengenal produk investasi syariah di Indonesia.

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Saham Syariah Terbaik Di Tahun 2022

Akibatnya, bisa saja Anda mengalami kesulitan saat hendak menjual kembali produk investasi syariah yang Anda miliki.

Baca Juga: 4 Langkah Investasi di Saham Syariah

Setiap produk investasi pasti memiliki risiko, tidak terkecuali produk investasi syariah. Meski begitu, produk investasi syariah tetap memiliki nilai plus, terutama untuk Anda yang ingin terhindar dari riba/bunga dan mendapat ketenangan hati.

Oleh karena itu, upaya yang perlu Anda lakukan untuk meminimalisir risiko investasi syariah adalah memiliki pengetahuan matang terkait pasar modal. Caranya, adalah dengan bergabung bersama Xaham.id. Xaham menyediakan edukasi serta konsultasi investasi syariah online untuk Anda yang siap terjun ke dunia investasi syariah. Yuk, bergabung dengan Xaham sekarang juga di sini.

Leave a Reply