Investasi

Mengenal Tentang Pasar Modal Syariah dan Jenisnya

By March 28, 2023No Comments
Mengenal Tentang Pasar Modal Syariah dan Jenisnya

Untuk yang berminat untuk berinvestasi, pasar modal yang juga merupakan bagian dari investasi syariah bisa jadi opsi menarik. Lalu apa perbedaan antara investasi pasar modal konvensional dengan syariah?

Sekilas Tentang Investasi Syariah Pasar Modal

Sejatinya perbedaan paling mendasar pada pasar modal syariah adalah menggunakan prinsip agama dalam praktiknya. Jadi setiap pelakunya (investor dan produknya) wajib memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Ini artinya yang mengandung unsur perjudian (maisir), gharar (ketidakjelasan), riba (meminta bunga sebagai kelebihan pengembalian modal) . 

Sebenarnya tempat investasi syariah ini tidak eksklusif  untuk umat Islam saja namun semua orang dari berbagai keyakinan dan latar belakang dapat berpartisipasi.

Secara umum kegiatan pada pasar modal konvensional dan pasar modal syariah tidak berbeda, namun memang ada karakteristik khusus pada investasi syariah. Ketentuan ini diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fatwa DSN MUI.

Baca Juga :  3 Cara Menghindari FOMO dalam Investasi

Jenis Efek pada Investasi Syariah Pasar Modal

2 contoh investasi syariah yang berkaitan dengan pasar modal adalah:

  1. Saham Syariah

Ini adalah surat berharga sebagai bukti keikutsertaan modal kepada perusahaan terbuka. Imbal hasil dari saham merupakan bagi hasil atau istilahnya dividen. Saham syariah harus memenuhi beberapa kategori tertentu, yaitu:

Saham yang dikeluarkan oleh perusahaan syariah

Saham dari perusahaan non syariah namun OJK menetapkannya sebagai saham syariah dan sudah tercantum dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Untuk dapat berpartisipasi pada investasi ini Anda dapat menggunakan layanan Sistem Online Trading Syariah (SOTS). Sistem tersebut memungkinkan investor untuk melakukan transaksi jual beli saham.

  1. Sukuk Syariah

Surat berharga ini merupakan pernyataan kepemilikan atas suatu bagian aset tertentu. Sukuk bisa berupa aset fisik, nilai manfaat dari aset fisik, jasa, aset dari suatu proyek, atau aset investasi lainnya. Keuntungan yang menjadi hak investor berupa imbal hasil atau capital gain.

Jika tertarik untuk berinvestasi dalam sukuk syariah, tersedia layanan wali amanat syariah sebagai pihak perwakilan dari investor.Bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan dana dengan investasi syariah platform investasi Xaham.id dapat menjadi mitra terbaik.

Baca Juga :  Investasi Saham Blue Chip dengan Dividen Terbesar

Leave a Reply