Investasi

Cara Beli Saham UMKM melalui Layanan Urunan Dana

By August 5, 2021No Comments

Investasi saham menjadi salah satu investasi favorit yang disukai banyak orang.  Apalagi di tahun 2021 ini terdapat banyak alternatif baru untuk investasi saham. Salah satunya yaitu Securities Crowdfunding (SCF) yang merupakan pengembangan skema Equity Crowdfunding (ECF) yang sebelumnya telah hadir. 

Skema Securities Crowdfunding ini merupakan metode pengumpulan atau urun dana oleh pemilik bisnis secara patungan sebagai alternatif pembiayaan UMKM. Tujuannya adalah  agar bisa memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online. Investor akan dapat memiliki bisnis ini sesuai persentase  besaran kontribusi yang diberikan. Bukti kepemilikan ini berupa saham, obligasi (surat bukti kepemilikan utang) atau Sukuk (surat tanda kepemilikan bersama).

Ini Cara Beli Saham UMKM melalui Layanan Urunan Dana

Anda tidak perlu merasa khawatir, jika tertarik ingin membeli saham UMKM ini. SCF telah diatur dalam peraturan OJK (otoritas jasa keuangan) yaitu POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang penawaran efek melalui layanan urunan dana berbasis teknologi Informasi (Securities Crowdfunding). 

Baca Juga :  Apakah Investasi Emas Menguntungkan? Ini Jawabannya

Nah, sebelum membeli saham lewat layanan urun dana Securities Crowdfunding  ini perhatikan langkah-langkah yang perlu diambil berikut ini:

  1. Mengecek Penyelenggara Layanan Urunan Dana Berizin OJK. Sebelum berinvestasi pastikan penyelenggara layanan urun dana yang Anda pilih memiliki izin dari OJK. Cek lewat laman www.ojk.go.id atau hubungi OJK di nomor 157.
  2. Memilih Platform Penyelenggara secara Cermat. Setelah  mengecek izin dari OJK, bandingkan berbagai penyelenggara tersebut dan pilih yang paling cocok.
  3. Mematuhi Batas Investasi. Batas investasi diberikan pada calon investor dengan penghasilan lebih dari Rp500 juta setahun yaitu maksimal investasi 5% dari penghasilannya. Jika kurang dari Rp500 juta setahun, nilai investasi maksimal sebesar 10% dari penghasilan tersebut.
  4. Memahami Sektor Ekonomi yang Anda biayai. Jika Anda telah memilih perusahaan untuk dibiayai, selanjutnya pahami sektor ekonominya.
  5. Mencermati Investasi SCF dari sisi karakternya. Anda harus memahami karakter dari investasi SCF yang telah Anda pilih.
Baca Juga :  3 Alasan Orang Takut Investasi Saham

Nah, itulah cara membeli saham UMKM melalui layanan urun dana yang bisa Anda ikuti agar investasi berhasil. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai berinvestasi urun dana sambil membantu modal UMKM?

Leave a Reply