Investasi

Mitos dan Fakta Seputar Investasi

By September 20, 2021No Comments

Investasi itu susah, ribet, dan bikin rugi karena banyak penipuan! Sebuah kalimat yang terdengar menakutkan di telinga investor pemula. Mereka yang semula semangat untuk terjun ke dunia investasi, seketika menjadi ragu. Benarkah pendanaan seburuk itu?

Kamu Harus Tahu! Ini Mitos dan Fakta Seputar Investasi

Jika Anda masih ragu mulai berinvestasi, baca mitos dan fakta seputar penanaman modal berikut ini:

  1. Mitos: Anda harus punya modal besar untuk berinvestasi.

Faktanya: Banyak instrumen pendanaan yang bisa dimulai hanya dengan modal Rp100.000. Contohnya, investasi reksadana, deposito, atau Surat Berharga Negara.

  1. Mitos: Terjun ke dunia penanaman modal itu berisiko besar.

Faktanya: Besarnya risiko tersebut dapat Anda atur tergantung produk pendanaan yang dipilih. Apabila Anda menginginkan keuntungan yang semakin tinggi, maka risikonya pun tinggi.

  1. Mitos: Banyak pendanaan berujung penipuan.

Faktanya: Belakangan ini banyak diberitakan penipuan investasi bodong. Karena itu pilihlah instrumen pendanaan yang memiliki keabsahan hukum dan undang-undang, serta telah terdaftar di OJK.

Selain itu, jangan langsung percaya ketika ada iming-iming tentang penanaman modal yang memberikan keuntungan dalam waktu singkat. Karena membutuhkan waktu yang panjang agar Anda bisa menikmati hasil dari penanaman modal.

  1. Mitos: Berinvestasi itu bikin ribet.

Faktanya: Berbagai jenis pendanaan kini bisa dengan mudah Anda temukan di fitur-fitur Marketplace dan perusahaan Fintech (Financial Technology). Hanya dengan modal Rp100.000, Anda bisa memilih jenis pendanaan yang sesuai dengan karakter dan tujuan berinvestasi.

Selain itu, kini telah banyak informasi tentang investasi saham, reksa dana, deposito, emas, dan lain sebagainya yang bisa dengan mudah Anda akses. Bahkan Anda juga bisa menentukan sendiri kapan ingin mencairkan keuntungan pendanaan tersebut. Jadi, mitos berinvestasi itu ribet tidaklah benar.

Kunci utama dalam berinvestasi adalah memilih dengan bijak jenis instrumen yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Berinvestasi sendiri tidak harus selalu tentang uang. Anda bisa berinvestasi untuk mengembangkan modal atau sebagai proteksi diri di masa depan.

Untuk dapat menentukan jenis pendanaan yang tepat, Anda bisa menghubungi Xaham.id. Yaitu, financial technology urun dana yang telah ada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020). Xaham.id akan membantu Anda bertransaksi jual-beli saham secara elektronik.

JIka ingin investasi tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha, Xaham.id juga akan membantu menghubungkan Anda dengan pemodal. Dengan demikian, Anda dapat menumbuh-kembangkan usaha agar lebih maju, kuat, dan sehat secara bersama-sama.

Leave a Reply