Tips

3 Tips Cara Mudah Investasi Saham Untuk Investor Pemula

By July 10, 2021July 12th, 2021No Comments

Siapa yang tak ingin menjadi mapan dan stabil secara finansial, terlebih di hari tua kelak. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada baiknya apabila mulai investasi saham semenjak dini. Investasi saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak diperjualbelikan di pasar modal, berupa bukti kepemilikan suatu perusahaan. Investasi saham akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain (keuntungan modal) dan dividen (pembagian keuntungan perusahaan) atas kepemilikan perusahaan tersebut.

Investasi saham cukup populer di segala kalangan, khususnya generasi muda. Sebab saham memiliki nilai investasi tinggi sehingga banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi. Namun bagi sebagian orang, investasi saham terbilang sulit dan memiliki resiko yang tinggi. Resiko yang dimaksud yakni ketika Anda salah mengambil langkah, maka Anda dapat mengalami kerugian atau risiko likuidasi bila perusahaan bangkrut.

Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, Anda dapat mencoba 3 tips berikut ini:

  • Memilih perusahaan sekuritas yang tepat
Baca Juga :  Untung Rugi Mengikuti Deposito, Kenali Dulu

Sebelum memulai untuk investasi saham, Anda diwajibkan untuk membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Melalui rekening inilah Anda bisa memulai membeli dan investasi saham dengan cara top-up deposit. Anda akan dikenakan sejumlah biaya untuk setiap transaksi.

Maka itu, pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya persentase lebih rendah. Umumnya, perusahaan sekuritas menetapkan biaya transaksi sebesar 0,19% untuk setiap pembelian saham dan 0,29% untuk penjualan. 

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, ada baiknya untuk memperhatikan persentase biaya transaksi tersebut. Pilihlah perusahaan sekuritas dengan biaya paling minim, namun dengan kualitas pelayanan terbaik.

  • Awali dengan modal kecil, namun konsisten

Setelah membuat rekening efek, langkah berikutnya adalah memilih saham yang akan dibeli. Namun sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan mematok keuntungan setidaknya 1% dari dana yang dikeluarkan untuk membeli saham tersebut.

Baca Juga :  6 Ciri Investasi Bodong yang Harus Diwaspadai

Mengingat patokan keuntungan ini cukup kecil, yakni 1%, otomatis ini akan menjadi investasi jangka panjang Anda. Sebab dengan cara inilah Anda tetap mendapatkan keuntungan, namun juga aman. 

  • Ketahui waktu terbaik untuk membeli saham

Tips terakhir sebelum Anda memulai investasi emas yaitu Anda harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli saham. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda harus melakukan beberapa riset, salah satunya adalah bagaimana pergerakan saham yang akan diambil. 

Beberapa orang beranggapan bahwa membeli saham saat turun itu sangat berisiko tinggi, namun ada juga yang justru harganya kembali naik dan bahkan ada yang harganya lebih tinggi lagi. 

Itulah tadi 3 tips cara mudah investasi saham untuk Anda yang baru memulainya. Gunakan Xaham.id sebagai financial technology-mu, ya! Di sini, Anda dapat dipertemukan penerbit saham dan juga pemodal untuk bertransaksi secara elektronik.

Leave a Reply