Tips

Ingin Sukses Investasi Emas? Simak Tips Berikut Ini!

By January 28, 2022No Comments

Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling diminati karena memiliki resiko yang rendah dan harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Tak hanya itu, investasi emas memiliki beberapa keuntungan seperti inflation hedge, yakni nilai emas tidak tergerus oleh inflasi. Keuntungan lainnya yaitu emas yang memiliki sifat likuiditas tinggi sehingga mudah dikonversikan dalam bentuk uang serta dapat dijual di mana saja dengan cepat.

Maka dari itu, investasi emas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Namun sebelumnya, simak tips berikut ini dulu agar Anda dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  1. Tentukan Tujuan

Tips yang pertama yaitu menetapkan apa tujuan Anda melakukan investasi emas, apakah sebagai tabungan hari tua, tabungan untuk menikah, pendidikan, biaya naik hati, dan lainnya. Sebab dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda pun dapat menentukan berapa banyak emas yang akan diinvestasikan untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Pilih Emas Logam Mulia
Baca Juga :  Tips Investasi Saham Anti Baper

Untuk para investor pemula, pilihlah emas logam mulia yang berbentuk batangan daripada berbentuk emas perhiasan. Sebab pada emas perhiasan terdapat komponen biaya seperti biaya pembuatan, nilai estetika, dan depresiasi (penurunan harga).

Faktor-faktor itulah yang menyebabkan harga jual emas perhiasan cenderung lebih rendah. Maka investasi emas logam mulia lebih cocok dan menguntungkan untuk dijadikan investasi.

  1. Pantau Harga Emas di Pasaran

Jika Anda sudah yakin untuk investasi emas, tips berikutnya yang bisa Anda coba yaitu memantau harga emas di pasaran. Anda perlu melakukan riset kecil terhadap kecenderungan tren pergerakan harga emas dan faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. 

Hal ini sangat penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk menjual maupun membeli emas agar Anda mendapatkan keuntungan yang optimal. Hal yang perlu diperhatikan yaitu emas merupakan jenis investasi jangka menengah, sehingga untuk mendapatkan keuntungan optimal, Anda dapat mencairkannya dalam bentuk uang setelah lebih dari 5 tahun.

Baca Juga :  3 Tips Cara Mudah Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Berikut tadi merupakan 3 tips sukses berinvestasi emas yang bisa Anda terapkan sewaktu-waktu. Jika Anda tertarik dengan instrumen investasi lainnya yang tak kalah menguntungkan, Anda dapat bergabung dengan Xaham.id untuk mendapatkan passive income hanya dengan modal kecil. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami segera.

Leave a Reply